Industri Fesyen Indonesia Mengekspansi Ke Pasar Global

Industri Fesyen Indonesia Mengekspansi Ke Pasar Internasional
Media preview JF3 2024(MI/Nur Amalina)

INDUSTRI fesyen Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan menggabungkan warisan budaya yang kaya melalui desain, Indonesia tidak hanya memperkenalkan produk yang unik dan estetis, tetapi juga mengungkapkan keindahan budaya kepada dunia, memungkinkan penghargaan dan apresiasi yang lebih dalam terhadap kekayaan budaya kita.

Buat mendukung kemajuan industri fashion di Indonesia, JF3 turut berkontribusi dan melanjutkan komitmennya dengan menggelar festival mode terbesar di tanah air.

Baca juga : MFWS 2024, Wadah Kolaborasi Baru Pengusaha Perempuan

Festival ini akan berlangsung dari 18 hingga 28 Juli di Summarecon Mall Kelapa Gading dan dari 24 Juli hingga Agustus 2024 di Summarecon Mall Serpong.

JF3 Fashion Festival melibatkan berbagai pihak, termasuk model, seniman, fotografer, videografer, koreografer, desainer, dan pelaku industri fashion lainnya.

Cek Artikel:  Denny Malik dan Chitra Nartomo Mentori Anak Muda Aceh

Ini memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk berkembang dan mengambil manfaat dari festival ini, yang secara positif menggerakkan roda bisnis di sektor fesyen.

Baca juga : Puncak Acara Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2023 Telah Digelar

“Saya melihat kita sangat membutuhkan visi yang baru untuk membawa industriri ini keluar dari momok masa lalu yang saya sadari sudah sangat tidak relevan dengan perkembangan masa,” ungkap Advisor JF3 Thresia Mareta, saat diwawancarai di Mall Kepala Gading, Kamis (18/7).

Menurut dia, pihajnya telah melakukan perbandingan kualitas antara siswa sekolah fashion di Paris dengan kreator-kreator di Indonesia.

“Terdapat 66, desainer dari Prancis ada 5 lalu kami kedatangan tamu dari Ecole Duperre ada 5 siswa.Selain itu, kami juga menerima desainer dari Singapura, Vietnam, dan Filipina,” kata dia.

Cek Artikel:  Adelia Pasha Luncurkan Koleksi Sarimbit Lebaran 2024

Baca juga : Dukung Kain Wastra Indonesia, 5 Desainer IPMI Hadir di JF3 2023

Program PINTU Incubator, yang merupakan hasil kolaborasi antara JF3, LAKON Indonesia, dan Institut Francais d’Indonesia (IFI), memasuki tahun ketiga pelaksanaannya. Lebih dari 300 merek lokal telah mendaftar, dan setelah proses kurasi, terpilih 7 merek yang akan mengikuti proses inkubasi.

Program ini melibatkan mentor dari profesional di Indonesia serta fashion expert dan pelaku bisnis mode dari Prancis.

Salah satu peserta PINTU Incubator tahun ini bahkan mendapatkan beasiswa selama 6 bulan untuk belajar di Ecole Duperre, salah satu sekolah mode paling bergengsi di Paris.

Baca juga : Albert Yanuar bersama Koleksi New Philosophy di JF3 2023

Cek Artikel:  Istituto Di Moda Burgo Indonesia Gelar Peragaan 10 Burgonians di HUT ke-13

JF3 juga aktif membawa dua merek lokal untuk tampil di Paris, membuka peluang bagi peserta yang telah mengikuti event ini untuk menembus pasar internasional.

Dukungan besar dari pemerintah terlihat dari inklusinya acara ini dalam agenda nasional serta dukungan moril yang diberikan.

JF3 Fashion Festival 2024 akan menampilkan tema yang menarik, “Pasar Malam”, dengan menampilkan busana streetwear Indonesia.

Acara ini juga akan berkolaborasi dengan delapan atlet skateboard yang telah meraih kemenangan di tingkat nasional maupun internasional, menambah kesan yang unik dan berbeda pada festival mode ini. (Z-10)

 

Mungkin Anda Menyukai