Perayaan Mother’s Day 14 Mei, Kok Beda dengan Hari Ibu yang Dirayakan Taatp 22 Desember? Yuk Simak Penjelasannya

Liputanindo.id JAKARTA – Hari ini, berketepan Minggu (14/5/2023), masyarakat di beberapa negara di dunia memperingati Mother’s Day. Menariknya, yang kerap menjadi pertanyaan, mengapa perayaan Mother’s Daya, berbeda dengan Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember?

Berbeda dengan Hari Ibu yang lahir melalui Kongres Perempuan Indonesia pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, peringatan Mother’s Day berawal dari sejarah di zaman Romawi atau Yunani Klasik.

Baca Juga:
Rayakan Hari Ibu, PLN Jatim Gelar Khitan Massal hingga Salurkan Zakat

Kongres perempuan untuk menetapkan Hari Ibu diadakan untuk menyamaratakan derajat perempuan dengan kaum laki-laki, terinspirasi dari semangat juang para pahlawan wanita Indonesia yang berjuang untuk kemerdekaan negara. Dimana kongres Perempuan Indonesia II kemudian diadakan pada tanggal 22 Desember 1938 di Bandung.

Cek Artikel:  Ramai Isu Istri Selingkuh, Pratama Arhan Unggah Foto Pernikahan

Setelah Indonesia merdeka, pada tahun 1959, Presiden Soekarno menetapkan Hari Ibu sebagai Hari Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Desember.

Sementara berdasar sejarah, peringatan Mother’s Day bermula sejak zaman Romawi dan Yunani kuno, dengan mengadakan festival untuk menghormati ibu Dewi Rhea dan Cybele. Pada zaman modern, perayaan Mother’s Day dimulai dari kampanye yang dilakukan oleh Anna Jarvis pada abad ke-19 di Amerika Perkumpulan.

Anna Jarvis ingin menetapkan satu hari dalam setahun untuk menghormati jasa dan pengorbanan ibunya, Ann Reeves Javis, dan seluruh ibu di seluruh dunia yang telah mencintai dan merawat anak-anak mereka.

Anna kemudian mengumpulkan sejumlah ibu di Virginia, Amerika Perkumpulan, untuk membahas peran ibu dalam keluarga dan kesejahteraan keluarga.

Cek Artikel:  Ivan Gunawan Donasikan Rp1 Miliar untuk Palestina dari Hasil Penjualan Hijab Ekslusifnya

Setelah ibunya meninggal dunia, Anna memimpin peringatan Mother’s Day dengan memperingati hari Minggu, 8 Mei, sebagai hari penghormatan untuk ibunya, Ann Reeves Javis. Sejak itu, perayaan Mother’s Day terus dirayakan dari tahun ke tahun di berbagai negara hingga saat ini.

Waktu perayaan Mother’s Day setiap tahunnya berbeda-beda. Yakni dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Mei, sehingga tanggalnya berbeda-beda.

Pada tahun ini, Mother’s Day jatuh pada hari Minggu, 14 Mei 2023. Mengertin lalu, pada tanggal 8 Mei 2022, dan pada tahun 2024 mendatang, Mother’s Day akan dirayakan pada tanggal 12 Mei.

Beberapa negara yang merayakan Mother’s Day setiap tahunnya antara lain Amerika Perkumpulan, India, Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Cek Artikel:  Tora Sudiro Bersanding dengan Mantan Istri di Pernikahan Anak, Bagaimana dengan Mieke Amelia?

Demikian tadi peringatan Mother’s Day yang dirayakan tanggal 14 Mei 2023 di beberapa negara sekaligus perbandingannya dengan Hari Ibu di Indonesia. (DID)

 

Baca Juga:
Ganti Kostum dengan Kemeja Pink dan Ungu, Ganjar: Kami Rayakan Hari Ibu

 

Mungkin Anda Menyukai