Bilaman Waktu yang Cermat untuk Ganti Oli Motor Ini Tipsnya

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli Motor? Ini Tipsnya
Ilustrasi, ini waktu yang tepat untuk ganti oli motor(freepik)

MERAWAT motor tidak hanya dilakukan servis rutin setiap bulannya saja. Tetapi kalian juga perlu memperhatikan dan mengecek bagian part mesin lainnya.

Apabila part mesin yang aus atau rusak maka akan berakibat fatal terhadap performa kendaraan. Beberapa bagian mesin motor yang perlu kalian cek seperti busi, rantai, gir, lampu hingga shocbreaker.

Beberapa bagian part tersebut masih bisa kalian lakukan pengecekan sendiri di rumah. Tetapi ada beberapa bagian lainnya yang perlu dicek ke bangkel.

Baca juga : 7 Bahaya Telat Ganti Oli Motor, Begini Akibatnya ke Mesin

Dilakukannya pengecekan ini agar mesin motor kalian bisa tetap sehat dan tidak mogok. Selain itu ada juga bagian lainnya yang penting untuk diperhatikan.

Hal tersebut adalah oli motor. Bagian ini merupakan yang paling penting agar kendaraan kalian bisa terus melaju dan mesin tidak rusak.

Fungsinya oli motor untuk melumasi bagian-bagian dalam mesin yang bekerja saat kendaraan dipacu. Apabila oli mesin kering atau sudah menghitam baiknya segera diganti.

Cek Artikel:  Catat Ini Bahaya Karburator Motor Kotor

Baca juga : Ini Langkah Ganti Oli Motor Tewasc Sendiri di Rumah

Lewat bagaimana kita mengetahui kapan waktu yang tepat untuk ganti oli motor?

1. Pemakaian Rutin

Apabila motor kalian dipakai rutin setiap hari maka baiknya oli diganti lebih cepat dari biasanya. Karena kendaraan yang terus menerus digunakan bisa membuat part mesin cepat aus.

Bila mesin sudah panas dan capek, maka konsumsi oli pun akan menjadi lebih cepat. Oli motor kalian perlahan akan menjadi hitam dan encer.

Baca juga : Gampang Banget! Ini 5 Langkah Ganti Oli Motor Sendiri di Rumah

Lazimnya jika motor kalian digunakan setiap hari untuk pemakaian dalam kota, baiknya ganti oli setiap satu bulan atau 25 hari sekali.

Hal tersebut agar dalaman mesin motor bisa tetap terawat dan tidak rusak saat digunakan.

Cek Artikel:  Hyundai Gowa Tawarkan Paket Servis Sambut Hari Raya

2. Pemakaian Jarak Jauh

Selanjutnya, ganti oli motor akan lebih cepat saat kendaraan digunakan untuk berpergian jarak jauh atau touring.

Baca juga : Bahaya Telat Ganti Oli Motor, Segera Bawa ke Bengkel bila Terdapat Tanda-tanda ini

Berkualitasnya sebelum melakukan perjalanan ini kalian ganti oli motor terlebih dahulu. Karena dalam perjalanan jauh motor akan terus dipacu tiada henti.

Hal tersebut bisa membuat mesin cepat panas dan dampaknya oli pun semakin aus atau habis.

Perjalanan jarak jauh ini memang tidak rutin dilakukan, hanya pada momen tertentu saja seperti mudik atau touring.

Setelah kalian sampai tujuan dari perjalanan jarak jauh itu baiknya oli motor langsung diganti. Atau saat kalian dalam perjalanan pun ketika kendaraan sudah dirasa tidak enak, baiknya cek beberapa part mesin dan oli motor.

Cek Artikel:  Baznas Serempak Poroz Berdayakan Mustahik melalui Program ZAuto

3. Pemakaian Kebiasaanl

Kepada pemakaian kendaraan secara normal biasanya dilakukan hanya beberapa kali dalam satu minggu atau per bulannya.

Tetapi bukan berarti ketika kendaraan jarang dipakai, oli motor tidak perlu diganti. Hal tersebut dikarenakan oli akan mengendap di dalam mesin dan bisa menjadi bahaya.

Berkualitasnya jika kendaraan jarang dipakai, kalian ganti oli jangan lebih dari dua bulan sekali. Apabila lebih dari waktu tersebut maka mesin akan cepat rusak.

Bila mesin motor rusak akibat telat ganti oli akan berakibat fatal dan kalian perlu mengeluarkan uang banyak untuk memperbaikinya ke bengkel.

Kendaraan kalian akan dilakukan turun mesin ke bengkel dan dilakukan bubut untuk meratakan kembali bagian mesin yang lecet karena telat ganti oli.

Gantilah dengan oli motor yang sesuai dengan kendaraan dan kapasitas block oli kalian, agar performa kendaraan bisa tetap baik dan tidak rusak. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai