OJK Formal Membuka Bulan Inklusi Keuangan 2024 di Kalimantan Timur

OJK Resmi Membuka Bulan Inklusi Keuangan 2024 di Kalimantan Timur
Bulan Inklusi Keuangan dibuka OJK(Dok. OJK)

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) resmi menggelar acara pembukaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 pada Sabtu (5/10). Acara ini bertujuan memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang lebih bertanggung jawab dan produktif.

Acara ini diadakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, sebagai wujud komitmen OJK untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan di daerah.

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di seluruh Indonesia.

Baca juga : OJK Luncurkan Peta Jalan Pengembangan LPIP 2024-2028 untuk Dorong Pertumbuhan Kredit dan Inklusi Keuangan Nasional

“Dengan memiliki literasi dan inklusi keuangan yang baik, maka akan terbuka peluang ekonomi baru di daerah, yang dapat memperkuat perekonomian nasional dan mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujar Mahendra.

Cek Artikel:  Jakarta Bakal Jadi Kota Mendunia, Gubernur dan Wakilnya Harus Dapat Genjot Pertumbuhan Ekonomi

Pemilihan Kalimantan Timur sebagai lokasi pembukaan BIK 2024 merupakan langkah OJK untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di luar Nusa Jawa.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi menambahkan bahwa perluasan inklusi keuangan harus disertai dengan edukasi yang memadai agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan keuangan secara bijak dan produktif.

Baca juga : Pengetahuan Masyarakat di Bidang Keuangan baru di Level 65,43%

Perluasan Program Inklusi Keuangan dan Tantangan Teknologi

Penyelenggaraan BIK 2024 juga mencakup program GENCARKAN yang diinisiasi OJK bersama Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI). Di Kalimantan Timur, acara ini menghadirkan 68 booth dari berbagai lembaga keuangan, UMKM, dan regulator, serta menyelenggarakan lebih dari 100 kegiatan.

Cek Artikel:  Perdana, Investor Tiongkok Ini Guyur Rp500 M untuk IKN

Secara nasional, BIK 2024 akan melibatkan 35 kantor OJK daerah dengan target penyelenggaraan 3.100 kegiatan dan 8,7 juta akses produk serta layanan jasa keuangan.

Friderica juga mengingatkan bahwa perkembangan teknologi informasi telah memudahkan akses masyarakat terhadap produk keuangan, namun hal ini diikuti dengan tantangan baru berupa meningkatnya kejahatan di sektor keuangan.

Baca juga : OJK: Gen Z dan Milenial Rentan Terjerat Pinjol

Like It 2024: Ajak Gen Z untuk Bijak Berinvestasi

Selain BIK, OJK juga menyelenggarakan acara Literasi Keuangan Indonesia Terdepan (Like It) di Balikpapan, yang berfokus pada literasi keuangan bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

Friderica menekankan pentingnya generasi muda memahami perencanaan keuangan yang bijak, mengingat mereka mendominasi populasi Indonesia.

Cek Artikel:  Lewat Hilirisasi, Indonesia Memulai Babak Baru sebagai Negara Industri

Friderica juga menyoroti fenomena sosial seperti YOLO, FOMO, dan FOPO yang berpotensi mendorong gaya hidup konsumtif di kalangan generasi muda.

Melalui Like It, OJK berupaya mengedukasi Gen Z agar mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, serta menghindari perilaku impulsif seperti doom spending dan instant gratification.

Like It 2024 berlangsung dalam tiga seri, bekerja sama dengan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), untuk menyebarluaskan literasi keuangan dan mendorong budaya investasi bagi generasi muda. (RO/Z-10)

Mungkin Anda Menyukai