SpaceX Crew-9 Lakukan Penelitian Laboratorium di Luar Bilangansa

SpaceX Crew-9 Lakukan Penelitian Laboratorium di Luar Angkasa
Astronot NASA Mark Vande Hei melakukan pemeriksaan penglihatan di Stasiun Luar Bilangansa Dunia(NASA)

ASTRONAUT NASA Nick Hague dan kosmonot Roscosmos Aleksandr Gorbunov sedang menuju Stasiun Luar Bilangansa Dunia untuk misi Crew-9 SpaceX pada September. Setibanya di stasiun, para kru ini akan mendukung penelitian ilmiah yang mencakup studi tentang pembekuan darah, efek kelembapan pada tanaman yang tumbuh di luar angkasa, dan perubahan penglihatan pada astronot.

Berikut adalah beberapa rincian dari pekerjaan yang dijadwalkan selama ekspedisi Crew-9:

Perkembangan sel darah di luar angkasa

Megakaryocytes Orbiting in Outer Space and Near Earth (MeF1) menyelidiki bagaimana kondisi lingkungan memengaruhi perkembangan dan fungsi megakariosit dan trombosit. Megakariosit, sel besar yang ditemukan di sumsum tulang, serta trombosit, bagian dari sel-sel ini, memainkan peran penting dalam pembekuan darah dan respons kekebalan.

Baca juga : SpaceX Luncurkan Misi Polaris Dawn ke Sabuk Radiasi Bumi

“Memahami perkembangan dan fungsi megakariosit serta trombosit selama penerbangan luar angkasa jangka panjang sangat penting untuk menjaga kesehatan astronot,” kata Hansjorg Schwertz, peneliti utama di Universitas Utah. 

“Mengirim kultur sel megakariosit ke luar angkasa memberikan kesempatan unik untuk mengeksplorasi proses diferensiasi yang rumit. Mikrogravitasi juga dapat memengaruhi sel darah lainnya, sehingga wawasan yang diperoleh kemungkinan akan meningkatkan pemahaman kita tentang bagaimana penerbangan luar angkasa memengaruhi produksi sel darah.”

Cek Artikel:  Meningkatkan Keamanan Data Publik dengan Teknologi Blockchain

Hasilnya bisa memberikan pengetahuan penting tentang risiko perubahan pada peradangan, respons kekebalan, dan pembentukan gumpalan darah di luar angkasa maupun di bumi.

Baca juga : AS Bersiap untuk Meluncurkan Misi Bulan Baru pada Hari Valentine

Penambalan untuk NICER

Teleskop Neutron Star Interior Composition Explorer (NICER) di bagian luar stasiun luar angkasa mengukur sinar-X yang dipancarkan oleh bintang neutron dan objek kosmik lainnya untuk membantu menjawab pertanyaan tentang materi dan gravitasi.

Pada Mei 2023, NICER mengalami “kebocoran cahaya” yang memungkinkan sinar matahari mengganggu pengukuran siang hari. Tambalan khusus yang dirancang untuk menutup sebagian kerusakan akan dipasang selama perjalanan luar angkasa mendatang, mengembalikan instrumen tersebut ke operasi sepanjang waktu.

“Ini akan menjadi observatorium sains keempat dan teleskop sinar-X pertama di orbit yang diperbaiki oleh astronot,” kata peneliti utama Keith Gendreau di Pusat Penerbangan Luar Bilangansa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland. 

Baca juga : NASA akan Teliti Kawasan Hasil Tabrakan Sampah SpaceX dengan Bulan

“Dalam setahun, kami mendiagnosis masalah, merancang dan menguji solusi, serta mengirimkannya untuk diluncurkan. Tim stasiun luar angkasa—dari manajer dan pakar keselamatan hingga insinyur dan astronot—membantu kami mewujudkannya. Kami menantikan untuk kembali ke operasi sains normal.”

Cek Artikel:  Mengintip Spesifikasi Vivo X200 dan X200 Pro Flagship Baru yang Siap Menggebrak Oktober 2024

Vitamin untuk penglihatan

Beberapa astronaut mengalami perubahan penglihatan, suatu kondisi yang disebut Sindrom Neuro-okular Terkait Penerbangan Luar Bilangansa. Penelitian Kompleks B menguji apakah suplemen vitamin B harian dapat mencegah atau mengurangi masalah ini dan menilai bagaimana genetika dapat memengaruhi respons individu.

“Kami masih belum tahu persis apa yang menyebabkan sindrom ini, dan tidak semua orang mengalaminya,” kata Sara Zwart, peneliti utama di University of Texas Medical Branch, Houston. “Kemungkinan banyak faktor yang berperan, serta variasi biologis yang membuat beberapa astronot lebih rentan daripada yang lain.”

Baca juga :  Nasa Boyong Ratusan Bayi Cumi-cumi ke Stasiun Luar Bilangansa

Salah satu variasi tersebut mungkin terkait dengan jalur metabolisme yang membutuhkan vitamin B agar berfungsi dengan baik. Ketidakefisienan dalam jalur ini dapat memengaruhi lapisan dalam pembuluh darah, menyebabkan kebocoran yang mungkin berkontribusi pada perubahan penglihatan. Memberikan vitamin B yang diketahui berdampak positif pada fungsi pembuluh darah dapat meminimalkan masalah pada astronot yang rentan secara genetik.

“Konsep penelitian ini didasarkan pada 13 tahun penelitian penerbangan dan darat,” kata Zwart. “Kami sangat antusias untuk akhirnya menguji tindakan pencegahan berisiko rendah yang dapat mengurangi risiko pada misi di masa depan, termasuk yang ke Mars.”

Cek Artikel:  5 Metode Pengaruhtif Menggunakan WhatsApp Web di Komputer dan Ponsel Anda

Menyiram kebun luar angkasa

Seiring dengan semakin jauhnya perjalanan manusia dari Bumi untuk waktu yang lebih lama, menanam makanan menjadi semakin penting. Para ilmuwan telah melakukan banyak eksperimen pertumbuhan tanaman di stasiun luar angkasa menggunakan perangkat keras Veggie, termasuk Veg-01B, yang menunjukkan bahwa selada romaine merah ‘Outredgeous’ cocok untuk produksi tanaman di luar angkasa.

Plant Habitat-07 menggunakan selada ini untuk meneliti bagaimana kondisi kelembapan memengaruhi kualitas nutrisi dan keamanan mikroba tanaman. Advanced Plant Habitat mengontrol kelembapan, suhu, udara, cahaya, dan kelembapan tanah, menciptakan kondisi yang tepat untuk percobaan tersebut.

Menggunakan tanaman yang diketahui tumbuh dengan baik di luar angkasa menghilangkan variabel yang menantang dari persamaan, jelas Chad Vanden Bosch, peneliti utama di Redwire, dan selada ini juga terbukti aman dikonsumsi saat ditanam di luar angkasa.

“Bagi kru yang membangun pangkalan di Bulan atau Mars, merawat tanaman mungkin berada di urutan bawah daftar tanggung jawab mereka, jadi sistem pertumbuhan tanaman perlu diotomatisasi,” kata Bosch. “Tetapi, sistem tersebut mungkin tidak selalu menyediakan kondisi pertumbuhan yang sempurna, sehingga kita perlu mengetahui apakah tanaman yang ditanam dalam kondisi suboptimal aman untuk dikonsumsi.” (NASA/Z-3)

 

Mungkin Anda Menyukai