Pendekatan Design Thinking Lahirkan Penemuan Tingkatkan Produktivitas

Pendekatan Design Thinking Lahirkan Inovasi Tingkatkan Produktivitas
Ilustrasi(Dok CCRM)

INOVASI dan peningkatan kualitas kerja menjadi komitmen PT Chitra Paratama (Chitra), perusahaan importir tunggal ban Michelin (earthmover series) yang juga bagian dari Grup MahaDasha. Hal ini dibuktikan dengan meraih penghargaan Platinum di ajang Continuous Improvement Convention (CIC) 2024.

Pada ajang yang diselenggarakan Productivity & Quality Management Consultant (PQM) di Jakarta ini, inovasi Chitra Customer Relationship Management (CCRM) yang dibawakan Mochammad Annas Khadafi dari Chitra Paratama menarik perhatian juri dengan pendekatan design thinking yang berfokus pada perbaikan proses untuk meningkatkan efisiensi tim sales.

Dengan inovasi itu, menjadikan CCRM lebih dari sebuah aplikasi untuk menjadwalkan dan merencanakan aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan.

Baca juga : SBM ITB Gelar Semifinal Swiss Innovation Challenge Asean 2024

Cek Artikel:  Ilmuwan Temukan Bakteri yang Dapat Mencerna Plastik, Bagaimana Langkah Kerjanya

Tetapi, sekaligus diperkaya fitur seperti Mining Map terintegrasi, Competitor Dashboard, serta pembuatan penawaran harga yang dapat digunakan di seluruh perangkat.

“Berbagai kelengkapan fitur ini tidak dimiliki aplikasi CRM lainnya di market, hanya ada di CCRM,” ungkap Direktur PT Chitra Paratama, Hidayat Rahman, Rabu (9/10).

Dalam kompetisi ini, terdapat tujuh metode yang dilombakan, termasuk design thinking yang diimplementasikan Chitra. Metode design thinking yang diterapkan tim sales Chitra menarik perhatian juri karena fokusnya yang kuat pada kebutuhan pengguna. Permasalahan nyata yang dihadapi tim sales jadi dasar pengembangan CCRM sehingga mampu diintegrasikan dengan berbagai fitur unik yang tidak tersedia di aplikasi CRM lainnya di pasar.

Cek Artikel:  Prakiraan Cuaca Minggu 6 Oktober 2024, Waspadai Hujan Disertai Petir di Beberapa Daerah

Baca juga : Kompetisi Penemuan WSEEC Digelar untuk SD hingga Universitas

“Saya harap hasil yang dicapai tahun ini dapat ditingkatkan dan jadi semangat bagi rekan-rekan Chitra untuk terus berinovasi dan melakukan perbaikan di berbagai lini. Kami juga berharap terobosan inovasi ini bisa menembus ajang kompetisi internasional,” jelas Hidayat.

Ajang Continuous Improvement Convention ini menjadi salah satu wadah penting bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mempromosikan inovasi, terutama bidang peningkatan produktivitas dan kualitas. 

“Dengan keberhasilan ini, kami menunjukkan komitmen selalu bergerak maju dan berinovasi dalam mendukung kemajuan teknologi, khususnya di sektor pertambangan. Ke depan, kami berharap CCRM terus berkembang dan mendukung tim sales dalam menjawab kebutuhan pelanggan dengan lebih efisien,” pungkas Hidayat. (H-2)

Cek Artikel:  Vitamin C Tingkatkan Imunitas Tubuh di Musim Hujan

Mungkin Anda Menyukai