Tersangka Baru Pembubaran Percakapan Kemang Rupanya Peserta Demo

Tersangka Baru Pembubaran Diskusi Kemang Ternyata Peserta Demo
Tersangka MR ditangkap karena terlibat kasus pembubaran diskusi di Kemang, Jakarta Selatan(Ist)

POLISI menangkap seorang pelaku baru dalam kasus penyerangan dan pembubaran diskusi kemang yang digelar oleh Lembaga Tanah Air (FTA) di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan. Pelaku berinisial MR itu ternyata kelompok demonstrasi di depan hotel yang menolak diskusi tersebut.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi. Ade mengungkap kronologi penangkapan pria 28 tahun itu.

“Kejadian berawal ketika terlapor melakukan demontrasi untuk memberhentikan kegiatan diskusi yang diselenggarakan oleh Diaspora/Lembaga Tanah Air di tempat kejadian tersebut di atas,” kata Ade Ary dalam keterangan tertulis, Rabu (2/10).

Baca juga : Ini Roman Tersangka Baru Pembubaran Percakapan di Kemang

Ade melanjutkan, terlapor masuk dari pintu belakang hotel menuju ballroom yang berada di lantai 1. Kemudian, korban yang bertugas sebagai satuan pengamanan (satpam) di hotel tersebut melakukan pengamanan terhadap orang dan barang di hotel tersebut “Lampau, terlapor melakukan pengeroyokan terhadap korban,” ujar Ade.

Cek Artikel:  Massa Demo di Depan KPU Sempat Coba Provokasi dengan Lempar Botol

Terdapatpun korban mendapat perlakuan berupa perukulan di bagian kepala dan badan. Serta korban lain didorong oleh pelaku saat menghalau keluar.

MR ditangkap pada Selasa (1/10). Dia langsung digelandang ke Subdit Jatanras Polda Metro Jaya. MR dijerat Pasal 170 KUHP dan atau Pasal 351 KUHP dan atau Pasal 355 KUHP, dengan ancaman tujuh tahun penjara.

Baca juga : Kembali, Pelaku Pengeroyokan Kasus Percakapan Kemang Ditangkap Polisi

Total sudah enam orang ditangkap dalam kasus diskusi Kemang. Sebelumnya, polisi menangkap lima orang. Mereka berinisial FEK selaku koordinator lapangan, GW selaku pelaku pengerusakan yang ada di dalam Magzi Ballroom, Hotel Grand Kemang, tempat diskusi. FEK dan GW telah ditetapkan sebagai tersangka pengerusakan dan penganiayaan.

Cek Artikel:  Kepadatan Penumpang KRL di Stasiun Manggarai Imbas Tarif Promo Rp1

Kemudian, JJ yang juga membubarkan hingga melakukan pengerusakan dengan mencabut baliho-baliho yang ada di dalam ruangan diskusi. Lampau, LW dan MDM yang juga berperan melakukan perusakan dan membubarkan acara yang ada di dalam ruang diskusi.

Tiga pelaku berinisial JJ, LW, dan MDM belum ditetapkan tersangka, karena masih pendalaman. Polisi tengah memburu pelaku lainnya dari DVR kamera CCTV yang telah disita, termasuk memburu dalang dari aksi anarkisme itu. Hasil penyelidikan polisi, ada 10-15 orang masuk ke gedung hotel dan membubarkan paksa diskusi tersebut.

Baca juga : Menanti Ketegasan Polisi Tuntaskan Kasus Kemang

Kepada diketahui, pembubaran dan perusakan dalam acara diskusi Diaspora itu terjadi di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu (28/9) pukul 09.30 WIB. Puluhan orang masuk ke dalam ruang Magzi Ballroom di Hotel Grand Kemang dan memukul sejumlah sekuriti.

Cek Artikel:  Detik-detik Suami Cut Intan Nabila Ditangkap, Armor Toreador Kabur dan Wafatkan HP usai Viral

Percakapan Kemang itu hadir sejumlah tokoh. Seperti Ketua Lumrah Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2015 Din Syamsuddin, pakar hukum tata negara Refly Harun Beberapa, mantan sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu, Rizal Fadhilah, dan Mantan Danjen Kopassus, Mayjen (Purn) Soenarko. (J-2)

 

Mungkin Anda Menyukai