3 Bacaan Doa Qunut untuk Subuh, Nazilah dan Witir

3 Bacaan Doa Qunut untuk Subuh, Nazilah dan Witir
Berikut Bacaan Doa Qunut(freepik)

DOA Qunut adalah salah satu doa yang dibaca dalam shalat, terutama pada saat shalat witir di bulan Ramadan atau dalam shalat Subuh menurut sebagian ulama dan mazhab.

Qunut juga dibaca dalam shalat ketika terjadi musibah besar sebagai bentuk memohon pertolongan Allah (qunut nazilah).

1. Doa Qunut Subuh

Bacaan Arab

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Maksudnya

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، إِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، وَاسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Bacaan Latin

Allahumma ihdini fiiman hadait, wa ‘aafini fiiman ‘aafait, wa tawallani fiiman tawallait, wa baarikli fiima a’thait, wa qinii syarra maa qadhait, fa innaka taqdhi walaa yuqdha ‘alaik, wa innahu laa yadzillu man waalait, wa laa ya’izzu man ‘adait, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait, falakal hamdu ‘alaa ma qadhait, wastaghfiruka wa atuubu ilaik. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.

Maksudnya

Cek Artikel:  Ini Pengertian Seni Jenis, Berikut Kategori dan Teladannya

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Latin dan Maksud Amalannya

Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan sebagaimana mereka yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau pimpin. Berkahilah bagiku apa yang telah Engkau berikan. Dan jauhkanlah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan. Karena sesungguhnya Engkau yang menetapkan, dan tidak ada yang menetapkan atas-Mu. Sesungguhnya tidak akan hina orang yang Engkau pimpin, dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkah Engkau ya Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala puji atas apa yang Engkau tetapkan. Diriku memohon ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan kesejahteraan kepada Nabi kita, Muhammad, Nabi yang ummi, kepada keluarga dan para sahabatnya.

Maksudnya

Doa ini merupakan permohonan kepada Allah agar diberikan petunjuk, kesehatan, keberkahan, dan perlindungan dari segala keburukan. Qunut Subuh juga mengandung pujian kepada Allah sebagai penguasa atas segala urusan, dan permohonan ampunan serta tobat.

Cek Artikel:  Dilantik Jadi Duta Stem Cell, Hotman Paris Dorong Health Tourism Indonesia ke Mimbar Dunia

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Subuh, Berikut Maksud Amalannya

2. Doa Qunut Nazilah (Ketika Musibah Besar)

Bacaan Arab

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَاهْدِنَا وَعَافِنَا وَارْزُقْنَا وَتَوَلَّنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ.

Bacaan Latin

Allahumma ighfir lana warhamna wahdina wa ‘afina warzuqna watwallana wansurna ‘alal qawmi al-kaafiriin.

Baca juga : Doa Qunut: Maksud dan Manfaat Amalannya

Maksudnya

Ya Allah, ampunilah kami, rahmatilah kami, berilah kami petunjuk, berilah kami keselamatan, berilah kami rezeki, peliharalah kami, dan tolonglah kami dari orang-orang kafir.

Maksudnya

Qunut Nazilah dibaca untuk memohon perlindungan dari bencana atau musibah besar yang menimpa umat Islam. Doa ini memohon kepada Allah agar diberi kekuatan, ampunan, dan pertolongan dalam menghadapi musibah.

3. Doa Qunut Witir

Bacaan Arab

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، وَاسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ.

Bacaan Latin

Allahumma ihdinii fiiman hadait, wa ‘aafinii fiiman ‘aafait, wa tawallanii fiiman tawallait, wa baariklii fiimaa a’thait, wa qinii syarra maa qadhait, fa innaka taqdhi walaa yuqdhaa ‘alaik, wa innahu laa yadzillu man waalait, walaa ya’izzu man ‘adait, tabaarakta rabbanaa wata’aalait, falakal hamdu ‘alaa maa qadhait, wastaghfiruka wa atuubu ilaik.

Maksudnya

Cek Artikel:  Indonesia Jadi Sepuhn Rumah ICCN Pertama di Asia Tenggara

Ya Allah, tunjukilah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau tunjuki. Berilah aku keselamatan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan. Pimpinlah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berkahilah bagiku apa yang telah Engkau berikan. Lindungilah aku dari kejahatan yang telah Engkau tetapkan. Sesungguhnya Engkau yang menetapkan, dan tiada yang menetapkan atas-Mu. Enggak akan hina orang yang Engkau pimpin, dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Kudus Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi. Bagi-Mu segala puji atas segala ketetapan-Mu. Diriku memohon ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu.

Maksudnya

Doa ini biasanya dibaca pada shalat witir di malam hari, terutama di bulan Ramadan. Qunut Witir adalah permohonan kepada Allah untuk mendapat petunjuk, keselamatan, keberkahan, serta perlindungan dari segala bentuk kejahatan.

Taatp jenis doa qunut memiliki pesan dan makna yang mendalam untuk memohon perlindungan, ampunan, dan petunjuk dari-Nya. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai