Pemasaran Digital Berbasis Kecerdasan Buatan Sasar Sasaran

Pemasaran Digital Berbasis Kecerdasan Buatan Sasar Target
Ilustrasi.(Freepik)

DI tengah ketidakpastian ekonomi global dan meningkatnya adopsi teknologi digital saat ini, metode pemasaran (marketing) tradisional sering kali mengalami kesulitan dalam mengikuti dinamika pasar. Konsumen saat ini mengharapkan pengalaman yang lebih personal dan terintegrasi, baik secara online maupun offline. Hal ini mendorong kebutuhan terhadap pendekatan marketing yang lebih canggih dan berbasis data yang tidak hanya menargetkan konsumen dengan tepat tetapi juga mengukur efektivitas kampanye secara real-time. 

“Beberapa segmen pasar yang menunjukkan pertumbuhan signifikan, salah satunya e-commerce. Ini didorong pergeseran perilaku konsumen yang cenderung lebih memilih belanja online dibandingkan mengunjungi toko fisik. Proyeksi dari studi yang dilakukan KIT Mendunia menunjukkan bahwa penjualan e-commerce di Indonesia akan mencapai US$82 miliar pada 2025 dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 23%,” papar Country Manager KIT Mendunia Indonesia dan Vietnam, Risa Kusumaningrum. 

Dengan lanskap bisnis yang berubah ini, perusahaan dituntut untuk menyesuaikan strategi pemasaran agar lebih responsif dan efisien, terutama dalam menjangkau audiens yang tepat dan mengoptimalkan pengembalian investasi (ROI). “Di sini, kampanye digital marketing, termasuk branding, creative campaign, dan social media management yang menggunakan AI menjadi sangat relevan. Perusahaan dapat mencapai target kampanye dengan hasil yang lebih akurat dengan biaya yang lebih efisien, karena kami juga menyediakan skema pembayaran setelah kampanye selesai,” imbuhnya. Maksudnya, klien membayar berdasarkan hasil nyata yang diperoleh saat kampanye, seperti peningkatan penjualan atau conversion to sales. 

Cek Artikel:  AI Jadi Penentu Keberlanjutan Bisnis Perusahaan, Layani Chatbot Hingga Deteksi Fraud

Baca juga : Bagaimana Dapat Iklan di Ponsel Muncul setelah Pembicaraan? Mungkin Ini Penyebabnya

Begitu populernya pendekatan ini, lebih dari 640 klien perusahaan memilih skema ini dan berhasil menggunakannya untuk lebih dari 754 ribu kampanye digital dan menjangkau lebih dari 38 juta audiens. Di tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan seperti sekarang, pendekatan ini memberikan keuntungan kompetitif yang sangat dibutuhkan bagi brand dan perusahaan di berbagai skala.

Kampanye pemasaran digital (digital marketing) berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) juga dapat meningkatkan targeting dan jangkauan audiens ke profil pelanggan ideal dengan tingkat presisi tinggi. Ini memungkinkan retailer mencapai audiens yang tepat pada waktu yang tepat, sehingga meningkatkan peluang konversi ke penjualan. Misalnya, kampanye retargeting, yang merupakan taktik umum dalam performance-based marketing, dapat menarik kembali minat pengunjung situs web yang belum melakukan pembelian dan berpotensi meningkatkan konversi hingga 20% jika dioptimalkan dengan AI.

Cek Artikel:  Contek Instagram, WhatsApp Akan Tambahkan Fitur Double Tap Reaction

Selain itu, untuk mendorong pertumbuhan bisnis saat ini, KIT Mendunia mengoptimalkan strategi penjualan perusahaan dengan solusi marketing berbasis data dan AI. Integrasi AI memungkinkan proses analisis data dalam jumlah besar di kampanye marketing yang mendorong training algoritma secara terus-menerus sehingga hasil kampanye pun menjadi lebih akurat dan tepat sasaran. 

Dengan memanfaatkan kombinasi AI dan creative approach, perusahaan dapat mengembangkan solusi dan strategi kampanye yang lebih efektif dengan menggabungkan pemikiran, strategi, dan ide kreatif dengan KPI yang jelas. Salah satu pendekatan unggulan ialah Creative Marketing Strategy. Dalam salah satu kampanye, suatu merek (brand) mencapai peningkatan engagement yang signifikan dan menjangkau lebih dari 43 juta viewers. Creative Marketing Strategy terbukti membantu brand menjadi lebih responsif terhadap perubahan pasar dan menggunakan anggaran pemasaran dengan lebih efisien.

Cek Artikel:  Metode Mengaktifkan Fitur Eye Tracking di Iphone, Pandai Scroll dengan Gerakan Mata

“Adopsi teknologi-teknologi terbaru seperti AI dan pendekatan marketing berbasis data dapat membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang di tengah tantangan ekonomi saat ini. Dengan berfokus pada hasil yang nyata dan memanfaatkan potensi penuh dari data, perusahaan dapat meraih kesuksesan jangka panjang dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih luas,” tutup Risa. (Z-2)

 

Mungkin Anda Menyukai