PT Bio Farma Kembali Raih Primaniyarta Award 2024

PT Bio Farma Kembali Raih  Primaniyarta Award  2024
Wakil Direktur Primer PT Bio Farma, Soleh Ayubi mewakili perusahaan menerima penghargaan dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.(Dok Bio Farma)

PT Bio Farma (Persero), perusahaan life science terkemuka di Indonesia, meraih Primaniyarta Award 2024 dalam kategori Eksportir Sustainable.

Sebelumnya BUMN kesehatan ini, juga pernah meraih penghargaan pada ajang Primaniarta sebanyak sembilan kali sejak tahun 2010.

Ini juga sebagai bentuk konsistensi PT Bio Farma dalam menjaga sustainability pasar ekspor selama ini. Kategori eksportir sustainable ini menjadi capaian penghargaan ke-10, PT Bio Farma pada ajang Primaniyarta Award. 

Penghargaan Primaniyarta diserahkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kepada Wakil Direktur Primer PT Bio Farma Soleh Ayubi disaksikan langsung Presiden Joko Widodo dalam acara Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 yang digelar di ICE BSD, Tangerang pada Rabu (9/10) . 

Penghargaan Primaniyarta merupakan bentuk apresiasi tertinggi dari Pemerintah Indonesia kepada eksportir yang berprestasi luar biasa dan menjadi teladan bagi perusahaan lain. 

Cek Artikel:  Lulus Uji Kelayakan, Drinking Water Station Bandung dan Kiaracondong Terjamin Dikonsumsi

PT Bio Farma menjadi satu-satunya BUMN yang menerima penghargaan, ini menunjukkan kiprahnya yang signifikan di kancah internasional, sekaligus komitmennya terhadap keberlanjutan. 

Wakil Direktur Primer PT Bio Farma, Soleh Ayubi di Bandung Jumat (11/10) mengatakan, penghargaan ini juga  merupakan simbol pengakuan atas kontribusi nyata perusahaan yang telah melakukan upaya-upaya berkelanjutan, dengan merujuk pada standar pelaporan dari Mendunia Reporting Initiative (GRI) Standard.

“Kami sangat bangga, sebagai induk dari holding perusahaan farmasi nasional, PT Bio Farma terus menunjukkan reputasinya sebagai ‘the biggest & leading vaccine manufacturer in Southeast Asia’ di pasar global. Penghargaan Primaniyarta kategori Eksportir Sustainable ini, semakin mempertegas peran kami dalam meningkatkan ekonomi nasional, sambil tetap menjaga tanggung jawab sosial dan lingkungan,” tutur  Soleh.

PT Bio Farma lanjut Soleh yang juga dikenal melalui produk unggulannya, yakni vaksin nOPV2 (Novel Berkaitan dengan mulut Poliomyelitis Vaccine) dan berperan penting dalam sektor kesehatan global. Tentu tidak hanya berdampak pada kesehatan, PT Bio Farma juga memberikan kontribusi besar terhadap lingkungan. Kemasan vaksin nOPV2 telah menerima sertifikasi ecolabelling dari Lembaga Pengecekan Ekolabel Balai Besar Pulp dan Kertas, berkat pencapaian luar biasa dalam mengurangi energi hingga 82,88%, limbah padat sebesar 84,54%, dan limbah cair sebesar 78,09%.

Cek Artikel:  Polresta Bandung dan Polda Jawa Barat Sediakan Makanan Siap Saji bagi Korban Gempa

“Ini menegaskan bahwa dalam proses produksinya, PT Bio Farma berkomitmen untuk meminimalkan dampak lingkungan,” ungkap Soleh. 

Menurut Soleh, kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah kepada PT Bio Farma,  ditunjukkan melalui kapasitas produksi vaksin  yang mencapai 3,5 miliar dosis per tahun. Dengan kapasitas tersebut mencukupi untuk kebutuhan vaksin dalam negeri dan global. PT Bio Farma tidak hanya menjadi acuan nasional, tetapi juga berperan aktif dalam mendukung kesehatan global.

“Kami telah mendistribusikan vaksin ke lebih dari 150 negara di seluruh dunia. Sebagai bagian dari komitmen, baru-baru ini kami mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin pentavalen ke Nigeria untuk membantu pencegahan penyakit difteri, pertusis. Tetanus, hepatitis B dan hemofilia influenza tipe B.” terang Soleh.

Cek Artikel:  Polres Cimahi Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Soleh menambahkan, dalam upayanya memperkuat kontribusi bagi kesehatan global, PT Bio Farma juga menjalin kerja sama strategis dengan lembaga-lembaga internasional terkemuka, seperti Novo Nordisk, UNICEF, DCVMN International, Bill and Melinda Gates Foundation. MSD, CEPI serta GAVI. PT Bio Farma akan terus berinovasi dan berkolaborasi demi mencapai tujuan bersama, kesejahteraan kesehatan global. Pada Trade Expo Indonesia tersebut, Bio Farma juga membuka booth dan terbuka untuk kolaborasi bersama mitra strategis global. (AN/J-3)
 

Mungkin Anda Menyukai