Kemenpora Salurkan Anggaran Rp36 Miliar untuk Persiapan Paralimpiade Paris 2024

Liputanindo.id JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah mengalokasikan dana sebesar Rp36 miliar untuk mendukung National Paralympic Committee Indonesia (NPC) dalam persiapan kualifikasi Paralimpiade Paris, Prancis 2024.

Anggaran sejumlah Rp36 miliar tersebut akan difokuskan pada 10 cabang olahraga, dengan rincian para-angkat berat (Rp2,8 miliar), para-atletik (Rp7,5 miliar), para-bulu tangkis (Rp2,4 miliar), para-renang (Rp2,7 miliar), para-tenis meja (Rp6,03 miliar), para-boccia (Rp1,6 miliar), para-cycling (Rp4 miliar), para-menembak (Rp1,3 miliar), para-panahan (Rp4,4 miliar), dan para-judo (Rp3 miliar) termasuk di dalamnya sebanyak 51 atlet beserta 10 pelatih, 10 manajer, dan 18 tenaga pendukung.

Pelatnas untuk 10 cabang olahraga tersebut telah dimulai sejak 1 Januari, dengan berbagai masa pelatihan yang berakhir pada 31 Agustus mendatang.

Cek Artikel:  Persita Tangerang Siap Hadapi 'Laga Hidup Tewas' Melawan Arema FC

Dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kemenpora dan NPC di Jakarta, Rabu(6/3/2024), Dito menyatakan kegembiraannya atas dukungan pemerintah ini. Menurutnya, bantuan ini menegaskan komitmen pemerintah dalam memajukan olahraga di Indonesia.

Dito juga berharap bahwa prestasi atlet Indonesia di Paralimpiade Paris 2024 dapat melampaui pencapaian di Tokyo 2020, yang meraih dua emas, tiga perak, dan empat perunggu.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan prestasi olahraga di Tanah Air. Kerja sama ini akan membuka peluang lebih besar bagi atlet Indonesia untuk meraih kesuksesan di ajang internasional, khususnya Paralimpiade Paris,” ujar Dito.

NPC telah menetapkan 12 atlet yang akan mewakili Indonesia di Paralimpiade Paris, termasuk atlet-atlet dari cabang olahraga seperti panahan, atletik, balap sepeda, menembak, dan renang.

Cek Artikel:  Karl Patrick Tetap Dapat Bela Satria Muda di Final IBL All Indonesian

“Saya optimis dengan dukungan dari Kemenpora, kontingen Indonesia akan mampu meraih prestasi yang lebih gemilang di Paralimpiade Paris,” tutup Dito. (RMA)

Mungkin Anda Menyukai