Kualifikasi MotoGP Mandalika Jorge Martin Terdepan, Marquez Terperosok Dua Kali

Kualifikasi MotoGP Mandalika: Jorge Martin Terdepan, Marquez Jatuh Dua Kali
Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia (kiri) beradu kecepatan dengan pembalap Prima Pramac Franco Morbidelli (kanan) di Sirkuit Mandalika(ANTARA FOTOAkbar Nugroho Gumay)

PEMBALAP Pramac Racing, Jorge Martin, merebut pole position pada kualifikasi MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, NTB, Sabtu (28/9). Nasib berbeda dialami Marc Marquez yang lagi-lagi belum bersahabat dengan Mandalika karena terjatuh dua kali. 

Sesi perebutan posisi start terbaik di Mandalika diwarnai drama dan kejutan. Selain pemecahan rekor lap baru sepanjang masa, sejumlah pembalap mengalami insiden. 

Baca juga : Jadwal Lengkap MotoGP Mandalika 2023 di Lombok

Jorge Martin tampil sebagai yang tercepat. Pemuncak klasemen itu menorehkan waktu lap 1 menit 29,088 detik untuk memastikan dirinya start posisi pertama. Posisi kedua direbut Marco Bezzecchi (VR46) diikuti Pedro Acosta (GASGAS) yang mengamankan tiga besar. 

Kualifikasi berjalan sengit sejak Q1. Alex Marquez (Gresini) awalnya terlihat kuat bakal melaju ke Q2 namun terjatuh di tikungan 8 pada akhir sesi. Aleix Espargaro juga mengalami crash di tikungan 1. 

Cek Artikel:  Jelang Rival Qatar di Piala Asia, STY Tanamkan Percaya Diri Timnas U-23

Situasi itu membuka pintu lebar bagi para pembalap lain. Johann Zarco (Honda LCR) sempat melesat ke posisi puncak setelah membukukan catatan 1 menit 29,995 detik. 

Baca juga : Marquez ingin Kembalikan Kepercayaan Diri di Austin

Q2 baru berjalan beberapa menit namun terjadi insiden. Marc Marquez (Gresini) terjatuh di tikungan 15 yang memaksanya segera berlari ke pit lane untuk berganti motor. 

Pada saat yang sama, Martin membubuhkan catatan waktu 1 menit 29,299 detik lalu mempertajam waktu lap miliknya menjadi 1 menit 29,088 detik. 

Lima menit terakhir, drama terjadi lagi. Marc Marquez kembali terjatuh di tikungan 10 lalu Desmosedici GP23 tak mau menyala lagi. The Baby Alien pun akhirnya harus puas menempati P12. 

Cek Artikel:  Al Hilal Serius Minati Raphinha, Sodorkan Rp 1,7 T ke Barca

Insiden kecelakaan juga sempat dialami Bezzecchi. Kendati demikian, dia dapat melanjutkan Q2 bahkan meningkatkan catatan waktunya dan mengambil alih P2. 

Acosta berhasil mengeklaim posisi ketiga unggul atas juara bertahan Franceso Bagnaia. Posisi start kelima menjadi milik Fabio Quartararo disusul Zarco, Fabio Di Giannantonio. Posisi sepuluh besar dilengkapi Franco Morbidelli serta Maverick Vinales. (M-4)

Hasil kualifikasi 10 besar: 

  1. Jorge Martin (Pramac) 1, menit 29,0882 detik
  2. Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46 +0,535 detik
  3. Pedro Acosta (GASGAS) +0,583
  4. Francesco Bagnaia (Ducati) +0,657
  5. Enea Bastianini (Ducati) +0,704
  6. Fabio Quartararo (Yamaha) +0,760
  7. Johann Zarco (Honda LCR) +0,854
  8. Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46) +0,8759
  9. Franco Morbidelli (Pramac) +1,019
  10. Maverick Vinales (Aprilia) +1,330
Cek Artikel:  RANS Simba Bogor Rekrut Eks Instruktur Bali United

 

Mungkin Anda Menyukai