Di Rendah Kepemimpinan Iwan Bule dan Erick Thohir, PSSI Telah Naturalisasi 12 Pemeran

Liputanindo.id JAKARTA – Komisi III dan X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) baru saja menyetujui rekomendasi kewarnegaraan kepada Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Maarten Paes, Kamis (7/3/2024).

Alhasil, ketiga pemain tersebut tinggal selangkah lagi bisa membela Timnas Indonesia. Di mana, mereka bersama Nathan Tjoe A On —yang sebelumnya juga telah disetujui DPR— bakal sama-sama disumpah jadi Anggota Negara Indonesia (WNI) di Kantor Kanwil Kemenkumham, Jakarta pada 12 Maret 2024 mendatang.

Di lain sisi, Shin Tae-yong telah memanggil 28 pemain untuk mengikuti pertandingan lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam. Duel tersebut berlangsung selama dua kali, yakni pada 21 Maret di Stadion Penting Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta dan 26 Maret di Stadion My Dinh Hanoi.

Thom Haye, Ragnar dan Nathan termasuk ke dalam daftar 28 pemain tersebut. Sementara Maarten Paes harus menahan hasratnya membela Timnas Indonesia karena masih terkendala persyaratan artikel 9 ayat 2 peraturan FIFA soal pergantian asosiasi.

Cek Artikel:  OnePride Bina Petarung Muda dengan Luncurkan Program Future Champ

Di peraturan tersebut tertulis, seseorang bisa berganti Timnas jika berusia di bawah 21 tahun saat terakhir kali membela tim nasional pertama, baik di level junior maupun senior dalam pertandingan resmi. Sang pesepakbola juga wajib lebih dari tiga tahun tidak membela Timnas, serta tidak mempunyai caps lebih dari tiga kali.

Dalam hal ini, Maarten Paes melanggar persyaratan di atas. Karena, ketika memperkuat Timnas Belanda U-21 di Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021 pada 15 November 2020. usia Maarten Pas adalah 22 tahun, lewat satu tahun dari batas yang ditentukan.

Meski begitu, bukan berarti Maarten Paes tak bisa memperkuat Timnas Indonesia. Lagi ada ruang bagi tim legal PSSI untuk meloloskan Maarten Paes berseragam merah putih.

Indonesia Bakal Diperkuat 12 Pemeran Naturalisasi?

Selain Maarten, nama pemain naturalisasi yang bakal absen menghadapi Vietnam adalah Shayne Pattynama. Pemeran berusia 25 tahun itu mengalami cedera saat membela klubnya, KAS Eupen.

Cek Artikel:  Adidas Luncurkan Aparel Bertema Budaya Jawa

Tetapi, masih banyak pemain naturalisasi lainnya yang bakal mengisi tim asuhan Shin Tae-yong. Kalau ditelaah lebih lanjut, PSSI di bawah komando Mochamad Dengkiawan dan Erick Thohir telah memproses pemindahan kewarnegaraan terhadap 12 pemain.

Sebagian besar pemain yang dinaturalisasi adalah pemain yang memiliki darah Indonesia lewat garis keturunannya. Eksispun, ke-12 pemain tersebut di antaranya; Jordi Amat, Marc Klok, Ivar Jenner hingga Justin Hubner.

Selain nama-nama di atas, masih ada pemain naturalisasi lainnya yang sudah mendapatkan kewarnegaraan Indonesia sejak lama. Mereka adalah Stefano Lilipaly, Ezra Walian dan Iljas Spasojevic yang berkarir di BRI Aliansi 1 2023/24 dan masih tampil prima di klubnya.

Tetapi, ketiga nama tersebut jarang dipanggil Shin Tae-yong, serta tidak termasuk dalam skuad Indonesia di ajang Piala Asia 2023 lalu.

Bakal Bertambah

Pemeran naturalisasi atau keturunan disebut-sebut bakal terus bertambah, seiring program PSSI yang bergeliat mencari pemain potensial di tanah Eropa.

Cek Artikel:  Menpora Apresiasi Venue Peparnas 2024

Demi ini, Instruktur Shin Tae-yong telah berada di beberapa negara Eropa demi mencari jejak pemain berdarah Indonesia, terkhusus di posisi penyerang.

Eksispun, berikut 12 pemain yang dinaturalisasi di era Iwan Bule dan Erick Thohir

1. Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim – Aliansi Super Malaysia)
2. Sandy Walsh (KV Mechelen – Belgian Pro League)
3. Rafael Struick (Ado Den Haag – Eredivisie Belanda)
4. Shayne Pattynama (KAS Eupen – Belgian Pro League)
5. Marc Klok (Persib Bandung – BRI Aliansi 1 2023/24 Indonesia)
6. Ivar Jenner (Jong Utrecht – Eredivisie Belanda)
7. Justin Hubner (Wolves – Aliansi Iuran pertanggunganer Inggris)
8. Jay Idzes (Venezia – Serie B Italia)

Tinggal Disumpah WNI

9. Thom Haye (Heerenven – Eredivisie Belanda)
10. Nathan Tjoe A On (Heerenven – Eredivisie Belanda)
11. Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard – Eredivisie Belanda)
12. Maarten Paes (FC Dallas – Major League Soccer Amerika Perkumpulan)

(RMA)

Mungkin Anda Menyukai