Ini Tips Membikin Daging Jadi Empuk dan Lezat dari Chef Richard Tay

Ini Tips Membuat Daging Jadi Empuk dan Lezat dari Chef Richard Tay
Head Chef di Calla Restaurant, Malaysia Chef Richard Tay(MI/Nur Amalina)

APAKAH Anda sering merasa hasil masakan daging buatan Anda kurang memuaskan? Mungkin teksturnya terasa alot meskipun sudah dimasak lama, atau rasanya tidak begitu mencuat. Rupanya, ada beberapa tips yang dapat membuat olahan daging menjadi empuk dan lezat, tanpa harus menggunakan bahan pengempuk daging.

Head Chef di Calla Restaurant, Malaysia Chef Richard Tay membagikan tips untuk membuat daging menjadi empuk dan lezat dalam acara ASEAN Red Meat “The Finest Cuts” Master Class & Tasting, Rabu (9/10). 

Salah satu kunci keempukan daging, menurutnya, terletak pada teknik pemotongan yang tepat.

Baca juga : Ini Tips Memilih Daging Berkualitas dari Chef Vindex

“Saya tidak menggunakan tenderizer (bahan pengempuk daging), tapi daging tetap empuk. Kenapa? Pertama, cara pemotongan Anda, dan kedua, bagaimana proses memasaknya,” jelas Chef Richard.

Cek Artikel:  Ini Tips Menyimpan Kopi Agar Tetap Terjaga Kualitasnya

Langkah memotong daging ternyata sangat mempengaruhi tekstur yang dihasilkan. Lantas, bagaimana cara memotong daging yang benar? Berikut adalah tips dan trik dari Chef Richard Tay:

“Di sini, di Malaysia, orang sering bilang ‘mengikut urat,’ yaitu memotong daging mengikuti arah seratnya. Itu memang trik yang ampuh. Begitu Anda mengikuti jalur serat daging, hasilnya akan sangat lembut. Daging memiliki saluran darah, jika kita memotong melawan saluran itu, daging akan terasa alot. Tetapi, jika kita memotong mengikuti saluran darah, daging akan terasa sangat juicy dan lembut,” papar Chef Richard.

Chef Richard juga menambahkan bahwa sebaiknya tidak menggunakan tenderizer kecuali untuk beberapa bagian daging yang keras.

Cek Artikel:  Mengungkap Pesona Rasa di Taatp Cangkir Foresthree Coffee

“Lebih baik tidak menggunakan tenderizer, kecuali untuk bagian-bagian yang lebih keras seperti tulang rusuk. Kalau bagian yang sangat alot, mungkin boleh digunakan,” terangnya. (Z-1)

Mungkin Anda Menyukai