Rombak Kabinet Besar-Besaran, Presiden Tanzania Copot Menteri Kesehatan

Liputanindo.id – Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan mencopot Menteri Kesehatan Ummy Mwalimu dari jabatannya. Pencopotan Mwalimu ini dilakukan menjelang pemilihan umum tahun depan.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kepala Sekretaris Moses Kusiluka, presiden merombak jajaran kabinetnya menjelang pemilihan umum tahun depan. Perombakan ini termasuk pemecatan Ummy Mwalimu dari jabatannya sebagai Menteri Kesehatan.

“Presiden telah menunjuk Jenista Mhagama sebagai menteri kesehatan yang baru,” demikian pernyataan Moses Kusiluka, dikutip Anadolu, Kamis (15/8/2024).

Mhagama sebelumnya menjabat sebagai menteri negara di Kantor Perdana Menteri yang bertanggung jawab atas Kebijakan, Parlemen, dan Koordinasi.

Selain memecat Mwalimu, Hassan juga menunjuk Profesor hukum ternama Palamagamba Kabudi sebagai Menteri Konstitusi dan Hukum. Jabatan ini sebelumnya dipegang oleh Pindi Chana. Pindi mengisi jabatan yang sebelumnya pernah dia pegang yaitu Menteri Sumber Daya Alam dan Pariwisata.

Cek Artikel:  Dirikui Menyesal Ikuti Permintaan AS, Mark Zuckerberg Sebut Meta Pernah Dibungkam Soal Konten COVID-19

“Presiden juga mempromosikan William Lukuvi ke posisi Menteri Negara di Kantor Perdana Menteri, yang bertugas mengawasi kebijakan, parlemen, dan koordinasi,” jelasnya.

Perombakan jabatan tersebut, yang mencakup perubahan penting di Kantor Jaksa Mulia, di mana seorang pakar penerbangan senior, Hamza Johari, telah ditunjuk sebagai jaksa agung, menggantikan Eliezer Feleshi.

Elizer Feleshi ditunjuk sebagai hakim Pengadilan Banding, menandakan upaya berkelanjutan Presiden Hassan untuk mengonsolidasikan pemerintahannya dan memperkuat tata kelola saat negara tersebut menghadapi tantangan pembangunan.

Mungkin Anda Menyukai