Ini Waktu yang Akurat untuk Ganti Oli Gardan, Berikut Fungsinya

Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli Gardan, Berikut Fungsinya
Berikut fungsi oli gardan(freepik)

MENGGANTI oli gardan merupakan bagian penting dari perawatan kendaraan, terutama untuk menjaga kinerja sistem transmisi belakang.

Gardan atau differential adalah komponen penting pada mobil, terutama pada kendaraan roda belakang atau 4WD, yang bertanggung jawab untuk mentransmisikan tenaga dari mesin ke roda belakang dengan kecepatan yang berbeda-beda di setiap roda.

Berikut Waktu yang Akurat untuk Ganti Oli Gardan

Lumrahnya, oli gardan perlu diganti secara berkala, dan waktu penggantiannya bisa bervariasi tergantung pada jenis kendaraan, tipe gardan, serta kondisi penggunaan. Berikut adalah panduan umumnya:

Baca juga : 5 Penyebab Busi Motor Basah, ini Akibatnya ke Mesin

Taatp 20.000 – 40.000 km:

Sebagian besar produsen mobil menyarankan penggantian oli gardan setiap 20.000 hingga 40.000 kilometer, tetapi sebaiknya kamu memeriksa manual kendaraan untuk spesifikasi yang lebih akurat.

Cek Artikel:  Gaungkan Kampanye Its Time for Everyone, TOC Leaders Summit 2023 Satukan Visi dan Misi Letih Independenitas Karbon

Taatp 1 – 2 Mengertin:

Kalau mobil tidak sering digunakan atau digunakan dalam kondisi ringan, penggantian oli gardan bisa dilakukan setiap 1 hingga 2 tahun sekali, tergantung dari kondisi dan frekuensi penggunaannya.

Tanda-tanda oli gardan harus diganti lebih cepat:

  • Bunyi bising atau dengung dari gardan.
  • Perubahan performa pada roda belakang saat berbelok.
  • Kebocoran oli di sekitar gardan.
  • Mobil sering digunakan di medan berat seperti jalan berlumpur atau beban angkut berat.

Fungsi Oli Gardan

Oli gardan berfungsi penting untuk melindungi dan menjaga sistem transmisi gardan berjalan dengan lancar. Berikut adalah fungsi utama oli gardan:

Baca juga : 8 Metode Mengganti dan Membersihkan Busi Motor Sendiri tanpa Dibawa ke Bengkel

Cek Artikel:  Karyawan Volkswagen di Tennessee Menyetujui Pengorganisasian Perkumpulan

1. Melumasi Komponen Gardan

Oli gardan melumasi berbagai komponen bergerak di dalam gardan, seperti roda gigi, pinion, dan diferensial, untuk mengurangi gesekan dan mencegah keausan berlebihan.

2. Mengurangi Panas dan Mencegah Overheating

Demi gardan bekerja, gesekan antar komponen dapat menghasilkan panas. Oli gardan membantu mendistribusikan panas dan mencegah overheat pada gardan yang dapat menyebabkan kerusakan.

3. Mencegah Korosi

Oli gardan melindungi komponen logam dari kelembaban dan oksidasi, yang dapat menyebabkan korosi dan merusak komponen gardan dalam jangka panjang.

Baca juga : 9 Penyebab Motor Mendadak Tewas

4. Memastikan Pengoperasian yang Halus

Dengan pelumasan yang baik, pergerakan roda gigi di dalam gardan akan lebih mulus, membantu menjaga kinerja kendaraan, terutama saat berbelok atau membawa beban berat.

Cek Artikel:  AXIC dan TCF Saksikan Proses Produksi Mobil Hybrid di Pabrik Toyota

5. Memperpanjang Usia Komponen Gardan

Oli gardan yang bersih dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan dapat memperpanjang umur komponen gardan dengan mengurangi gesekan dan keausan.

Tips Tambahan

Selalu gunakan oli gardan yang sesuai dengan spesifikasi kendaraanmu. Menggunakan oli yang tidak sesuai dapat menyebabkan masalah pada kinerja gardan.

Niscayakan juga untuk memeriksa kondisi oli gardan secara rutin, meskipun belum mencapai jarak tempuh atau waktu penggantian yang direkomendasikan.

Mengganti oli gardan secara tepat waktu bisa mencegah kerusakan pada sistem transmisi belakang dan memastikan performa kendaraan tetap optimal. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai