Libur Cuti Serempak Idul Adha, Polres Bogor Terapkan Gage di Jalur Puncak

Liputanindo.id BOGOR – Dalam rangka cuti bersama dan libur Idul Adha, Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan penerapan ganjil genap (Gage) di Jalan raya Puncak, Bogor. Rekayasa lalin itu mulai berlaku hari ini, Selasa (27/6/2023) hingga Minggu (2/7/2023).

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto mengatakan penerapan kebijakan tersebut berdasarkan pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 84 Mengertin 2021.

Baca Juga:
Libur Idul Adha Formal 3 Hari

“Satu hari menjelang libur nasional dan cuti bersama itu ya kami laksanakan pemeriksaan ganjil genap. Tetapi nanti pelaksanaannya akan kita lihat juga, situasional, karena kan banyak kendaraan kendaraan yang dikecualikan,” kata Ardian, Selasa (27/6/2023).

Cek Artikel:  Reuni yang Emosional Bradley Cooper dan Will Arnett

Selain sistem ganjil genap, lanjut Ardian, pihaknya juga menyiapkan skema one way. Tetapi penerapannya melihat bagaimana volume arus kendaraan di sepanjang jalur Puncak.

“Apabila memang cukup padat nanti ada rekayasa lalin seperti one way atau buka tutup sepenggal, nanti kami akan sesuaikan melihat situasi arus kendaraan masuk ataupun turun dari Puncak,” ucap dia.

Mengantisipasi kemacetan di Jalan Raya Puncak, akan diterjunkan sebanyak 150 personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, hingga BPBD.

Ardian mengimbau kepada masyarakat yang akan berlibur ke Puncak untuk memperhatikan waktu keberangkatan sehingga bisa disesuaikan dengan penerapan sistem ganjil genap. “Silakan disesuaikan dengan pelat nomor kendaraan sesuaikan dengan tanggal keberangkatannya bagi yang plat ganjil nomor kendaraan yang digunakan untuk yang ke Puncak juga ganjil seperti itu,” tuturnya.

Cek Artikel:  Diduga Sentil Kaesang Pangarep Sewa Jet Pribadi Rp4 Miliar, Richard Lee: Tebak Usahanya Apa?

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan kendaraannya dalam kondisi prima. Alasan, karakteristik jalanan di kawasan yang mayoritas berupa tanjakan.

Terakhir, masyarakat juga diminta untuk berhati-hati karena kondisi cuaca di wilayah Puncak yang sering turun hujan, sehingga berpotensi muncul kabut di sepanjang perjalanan. (DID)

 

Baca Juga:
Surplus Hewan Kurban di Sulsel, Mentan SYL Siapkan 3,2 juta ekor Sapi di Seluruh Indonesia

 

Mungkin Anda Menyukai