6 Penyebab Rantai Motor Kendur

6 Penyebab Rantai Motor Kendur
Berikut penyebab rantai motor kendur(freepik)

RANTAI motor adalah komponen penting dalam sepeda motor yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang, sehingga motor dapat bergerak. Rantai menghubungkan gear depan (sprocket) yang terletak di mesin dengan gear belakang yang terpasang pada roda belakang.

Rantai motor terbuat dari rangkaian tautan logam yang saling terhubung, dirancang untuk kuat menahan tekanan dan beban saat motor berakselerasi atau bergerak. Kualitas dan perawatan rantai sangat penting, karena rantai yang aus, tidak terawat, atau kendur bisa memengaruhi performa motor, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan jika putus saat berkendara.

Kepada menjaga rantai motor dalam kondisi optimal, pemilik motor perlu melakukan perawatan rutin seperti pelumasan, pembersihan, serta pengecekan ketegangan rantai.

Cek Artikel:  Mitsubishi Gelar Program Spesial Sambut Ramadan dan Libur Hari Raya

Baca juga : 6 Penyebab Fuel Pump Motor Rusak, Berikut Tanda-tanda dan Metode Mengatasinya

Berikut 6 Penyebab Rantai Motor Kendur

1. Penggunaan Jangka Panjang

Seiring dengan waktu, rantai motor akan mengalami keausan karena penggunaan terus-menerus. Gesekan antara rantai dan gear dapat menyebabkan rantai meregang dan menjadi kendur.

2. Kurang Pelumasan

Rantai yang tidak mendapatkan pelumasan yang cukup akan cepat aus. Gesekan yang tinggi tanpa pelumas dapat menyebabkan rantai cepat melonggar dan kehilangan kekuatan.

3. Setelan Rantai yang Salah

Apabila rantai tidak diatur atau disetel dengan benar, rantai bisa terlalu kencang atau terlalu longgar. Setelan yang tidak tepat ini dapat menyebabkan rantai motor menjadi kendur lebih cepat dari seharusnya.

Cek Artikel:  Pertamina Lubricants Gandeng VR46 Agency untuk Perkuat Penetrasi Pasar Eropa

Baca juga : 10 Masalah Standar Motor Tewasc, Berikut Penyebab dan Solusinya

4. Gear Depan atau Belakang Aus

Gear yang aus dapat mempengaruhi ketegangan rantai. Gear yang sudah tumpul atau aus tidak akan mencengkeram rantai dengan baik, sehingga menyebabkan rantai lebih mudah kendur.

5. Beban Berlebih

Beban berlebih pada motor, baik karena membawa barang atau penumpang yang terlalu berat, dapat memberikan tekanan ekstra pada rantai dan gear, menyebabkan rantai menjadi kendur lebih cepat.

6. Kualitas Rantai yang Tak baik

Penggunaan rantai motor dengan kualitas rendah cenderung lebih mudah melar dan kendur dibandingkan rantai berkualitas baik. Material yang kurang tahan lama akan cepat mengalami keausan.

Cek Artikel:  Wuling Hadirkan Lini Produk di BCA Expoversary 2024

Memeriksa dan merawat rantai secara berkala, termasuk memberikan pelumas yang cukup dan menyetel ketegangan rantai, dapat membantu menjaga keawetan rantai motor dan mencegah kendur lebih cepat. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai