Ini Penyebab Reflektor Lampu Motor Terbakar

Ini Penyebab Reflektor Lampu Motor Terbakar
Berikut penyebab reflektor lampu terbakar(freepik)

LAMPU motor adalah perangkat pencahayaan yang dipasang pada sepeda motor untuk memberikan visibilitas di jalan, baik untuk pengendara maupun pengguna jalan lainnya.

Reflektor lampu motor dapat terbakar atau meleleh karena beberapa faktor, terutama terkait dengan jenis bohlam yang digunakan dan kondisi lampu saat beroperasi.

Berikut Penyebab Reflektor Lampu Motor Terbakar

1. Penggantian Bohlam yang Bukan Sesuai

Mengganti bohlam dengan watt yang lebih besar dari yang direkomendasikan pabrikan dapat menyebabkan panas berlebih. Hal ini dapat merusak reflektor dan komponen lainnya seperti fitting dan kabel​.

Baca juga : 8 Penyebab Lampu Motor Wafat, Berikut Metode Mengatasinya

2. Kondisi Tertutup

Demi lampu depan tertutup oleh benda-benda seperti jaket atau saat motor dipanaskan di tempat yang sempit, sirkulasi udara menjadi terhambat. Ini menyebabkan suhu di dalam headlamp meningkat, sehingga dapat merusak reflektor​.

Cek Artikel:  Indomobil Luncurkan Suzuki Jimny Versi 5 Pintu

3. Kotoran dan Debu

Kotoran yang menempel pada mika lampu dapat menghalangi proses pendinginan. Ketika lampu menyala, panas tidak dapat terbuang dengan baik, yang akhirnya menyebabkan reflektor meleleh​

4. Membersihkan Demi Memanaskan

Apabila membersihkan mika lampu saat memanaskan motor, kain atau alat pembersih yang digunakan bisa menghalangi keluarnya panas, sehingga meningkatkan risiko kerusakan pada reflektor​.

Dengan memahami penyebab ini, Anda bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan dan merawat lampu motor agar tetap berfungsi dengan baik.

Perawatan rutin sangat penting untuk memastikan lampu berfungsi dengan baik. Ini termasuk memeriksa bohlam, reflektor, dan mika lampu dari debu atau kotoran yang dapat mengurangi efisiensi pencahayaan. (Z-12)

Cek Artikel:  Jarak Tempuh Tamat 410 Km, Intip Fitur dan Harga Mobil Listrik BinguoEV

Mungkin Anda Menyukai