Keyakinan Konsumen terhadap Ekonomi RI Diklaim Terjaga

Ilustrasi Bank Indonesia. Foto: MI/Susanto

Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Indonesia tetap terjaga.

 

Hal itu berdasarkan Survei Konsumen Bank Indonesia pada September 2024. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) September 2024 yang berada pada level optimis (>100), yakni sebesar 123,5.

 

“Tetap terjaganya keyakinan konsumen pada September 2024 ditopang oleh Indeks Kondisi Ekonomi Demi Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang berada pada level optimis,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Ramdan Denny Prakoso dalam keterangan tertulis, Selasa, 8 Oktober 2024.

 

IKE tetap terjaga terutama didorong oleh Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja. Sementara itu, IEK tetap terjaga didorong oleh optimisme pada seluruh komponen pembentuknya.
 

Cek Artikel:  Airlangga: RI 'On-Track’ Letih Visi Indonesia Emas 2045

Ilustrasi masyarakat berbelanja. Foto: MI/Andri Widyanto

Kondisi keuangan konsumen

Dalam hasil survey itu juga menunjukkan pada September 2024 rata-rata proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi (average

propensity to consume ratio) tercatat sedikit meningkat dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu dari 73,5 persen menjadi 74,1 persen.

 

Sementara itu, proporsi pembayaran cicilan/utang (debt to income ratio) dan proporsi pendapatan konsumen yang disimpan (saving to income ratio) tercatat sedikit turun dibandingkan dengan proporsi pada bulan sebelumnya, yaitu masing-masing menjadi sebesar 10,6 persen dan 15,3 persen.

Mungkin Anda Menyukai