Tawon Parasit Kecil Menyelamatkan Bunting Wilkins yang Terancam Punah

Tawon Parasit Kecil Menyelamatkan Bunting Wilkins yang Terancam Punah
Sebuah tawon parasit kecil bernama Microterys nietneri telah memberikan harapan bagi bunting Wilkins, yang mengancam kelangsungan hidupnya di Nusa Nightingale. (Chris Malumphy)

SEBUAH tawon parasit kecil telah memberikan harapan bagi salah satu spesies burung terlangka di dunia dengan membunuh serangga invasif yang mengancam kelangsungan hidupnya.

Bunting Wilkins hidup di Nusa Nightingale, bagian dari kelompok Tristan da Cunha; kepulauan berpenghuni paling terpencil di dunia. Burung ini memakan buah dari Phylica arborea, satu-satunya pohon asli pulau tersebut.

Tetapi, sekitar tahun 2011, para ilmuwan mulai melihat tanda-tanda kedatangan pengunjung yang tidak diinginkan. Sebuah serangga penghisap getah yang invasif tampaknya telah secara tidak sengaja diperkenalkan ke pulau tersebut oleh manusia. 

Baca juga : 5 Hewan Spesial dan Langka di Dunia yang Terancam Punah

Serangga ini mengeluarkan embun madu, yang mendorong pertumbuhan jamur hitam yang melemahkan dan akhirnya membunuh Phylica arborea. Kedatangan mereka mengancam untuk menghancurkan hutan dan populasi burung kecil tersebut.

Cek Artikel:  Terapkan Instruksi Baru Soal Sandera yang Ditahan, Hamas: Netanyahu Bertanggungjawab

Informasi ini sangat mengecewakan bagi para ilmuwan yang mempelajari dan melindungi burung kuning kecil ini, karena jumlahnya telah menurun. Badai besar pada 2019 menghancurkan sebagian besar hutan, dan survei sebelum badai menunjukkan hanya sekitar 120 pasangan burung yang tersisa.

RSPB, Pusat Pertanian dan Biosains Dunia, Badan Penelitian Pangan dan Lingkungan, dan Pemerintah Tristan da Cunha merancang rencana yang tidak biasa untuk menyelamatkan bunting tersebut, dengan melepaskan tawon parasitoid kecil bernama Microterys nietneri, yang mencegah serangga skala berkembang biak. 

Baca juga : 10 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Punah

Mereka juga akan mendirikan pembibitan pohon untuk meningkatkan jumlah pohon dan meningkatkan biosekuriti di pulau tersebut untuk mencegah spesies invasif masuk di masa depan.

Tetapi, pertama-tama, tawon-tawon tersebut harus bertahan selama perjalanan dari London – hampir sebulan dengan perjalanan darat, laut, dan udara. Dr Norbert Maczey, seorang entomolog di CABI, mengatakan: “Tawon-tawon itu menghadapi perjalanan yang epik. Pertama, penerbangan dari London ke Cape Town, dalam tas pendingin, diikuti dengan masa tinggal yang terpaksa di kamar hotel sebagai bagian dari karantina Covid seorang anggota staf. Selanjutnya, ada perjalanan kapal selama seminggu ke Tristan dengan suhu yang kadang-kadang turun di bawah nol. Akhirnya, ada perjalanan kapal lebih lanjut ke Nusa Nightingale. Tampaknya keberuntungan dan waktu tidak berpihak pada kami, tetapi beberapa dari tawon tersebut berhasil sampai.”

Cek Artikel:  Terbukti Guna Mentega Asal India, Perusahaan Susu Asal Selandia Baru Didenda Rp4 Miliar

Kurang dari 10% tawon bertahan selama perjalanan, tetapi pada April 2021, pelepasan pertama dilakukan, dan ada lebih banyak lagi selama dua tahun berikutnya. Perlahan, populasi tawon mulai membangun diri.

Para ilmuwan percaya tawon-tawon tersebut telah membantu menyelamatkan burung-burung dari kepunahan. Survei pada Februari tahun ini menunjukkan meskipun kehilangan sekitar 80% hutan, masih ada sekitar 60-90 pasangan bunting Wilkins di Nightingale. Meskipun populasi telah berkurang, hutan telah pulih dalam waktu singkat sejak tawon dilepaskan, dan para ilmuwan berpikir bahwa jumlah bunting seharusnya stabil dan memiliki kesempatan untuk pulih dalam beberapa tahun ke depan.

David Kinchin-Smith, manajer proyek wilayah luar negeri RSPB, mengatakan: “Proyek ini menunjukkan apa yang dapat dicapai dalam membalikkan nasib spesies yang terancam. Keteguhan hati, keahlian ekologi, dan sedikit keberuntungan telah berkontribusi pada keberhasilan pekerjaan ini, tetapi semoga kami, dan tawon-tawon ini, telah memberikan bunting harapan yang sangat dibutuhkan.” (The Guardian/Z-3)

Cek Artikel:  Nekat Datang ke Israel, 140 Kaum Korea Selatan Berhasil Pulang dengan Selamat

Mungkin Anda Menyukai