Jerman Didesak Hentikan Persenjatai Israel

Jerman Didesak Hentikan Persenjatai Israel
Israel menciptakan kengerian di Gaza.(Aljazeera)

GERAKAN perdamaian dan kelompok hak asasi manusia Jerman telah meluncurkan petisi daring yang menyerukan pemerintah untuk menekan Israel agar segera melakukan gencatan senjata dan akses kemanusiaan tanpa batas ke Gaza.

Grup-kelompok tersebut, termasuk gerakan perdamaian Pax Christi, Oxfam, dan CARE Jerman, telah menyerukan Berlin untuk menghentikan ekspor senjatanya ke Israel, mengambil sikap lebih tegas untuk gencatan senjata segera, dan bersikeras pada perlindungan warga sipil Palestina.

“Kami menuntut agar pemerintah Jerman memberikan tekanan yang jauh lebih besar kepada Israel untuk segera mengakhiri blokade ilegal dan mengizinkan akses tanpa hambatan bagi bantuan kemanusiaan,” kata kelompok tersebut dalam petisi mereka, dilansir dari Anadolu, Jumat (23/8).

Cek Artikel:  Norwegia Banyak Gunung, Cerita Rakyat, Main Ski

Baca juga : Jerman Lanjutkan kembali Ekspor Senjata ke Saudi, ini Dalihnya

Mereka menambahkan bahwa langkah lebih lanjut harus diambil untuk menghentikan kekerasan pemukim Israel dan pembangunan permukiman ilegal di wilayah pendudukan.

Dokter Dunia untuk Pencegahan Perang Nuklir, Medico International, Grup Dialog Yahudi-Palestina, dan Bunyi Yahudi untuk Perdamaian yang Adil di Timur Tengah termasuk di antara kelompok yang menyatakan dukungan mereka terhadap petisi daring. Jerman telah menjadi sekutu setia Israel, dan pejabat pemerintah telah berulang kali mengatakan bahwa negara itu memikul tanggung jawab khusus atas keamanan Israel karena masa lalunya yang terkait dengan Nazi.

Tetapi, pemerintah telah berada di bawah tekanan yang meningkat dalam beberapa bulan terakhir karena penggunaan kekuatan yang tidak proporsional dan membabi buta oleh militer Israel di Gaza, yang menewaskan lebih dari 40 ribu warga Palestina, termasuk lebih dari 16.000 anak-anak dan 11 ribu wanita.

Cek Artikel:  Israel Tarik Laskar dari Tulkarem usai Operasi Maut 48 Jam

Dalam jajak pendapat terbaru oleh lembaga penyiaran publik ARD, 57% warga Jerman mengatakan tindakan militer Israel di Gaza telah terlalu jauh, dan 68% menentang pemberian dukungan militer bagi Israel. Hanya 21% yang menyatakan dukungan bagi Israel.

Israel terus melanjutkan serangan brutalnya di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023, meskipun ada seruan yang semakin meningkat untuk gencatan senjata segera dari masyarakat internasional. Lebih dari 10 bulan setelah konflik terjadi, sebagian besar wilayah Gaza hancur di tengah blokade yang melumpuhkan terhadap makanan, air bersih, dan obat-obatan. Tindakannya di daerah kantong yang diblokade itu juga memicu kasus genosida di Mahkamah Dunia.  (I-2)

Mungkin Anda Menyukai