Siapa Victor Ambros dan Gary Ruvkun Peraih Nobel Penyamaranteran 2024

Siapa Victor Ambros dan Gary Ruvkun Peraih Nobel Kedokteran 2024?
Victor Ambros dan Gary Ruvkun.(Al Jazeera)

MAJELIS Nobel Institut Karolinska di Stockholm, Swedia, menyatakan bahwa Victor Ambros dan Gary Ruvkun telah dianugerahi Hadiah Nobel Penyamaranteran 2024 atas penemuan mikroRNA dan perannya dalam regulasi gen pascatranskripsi.

Hadiah Nobel adalah penghargaan internasional bergengsi yang dikelola oleh Yayasan Nobel di Stockholm, Swedia, dan didanai oleh Alfred Nobel, penemu dan pengusaha Swedia. Individu atau organisasi yang menerima penghargaan ini disebut sebagai penerima Hadiah Nobel.

Menurut siaran pers resmi, Komite Hadiah Nobel tahun ini memberikan penghargaan kepada Ambros dan Ruvkun atas penemuan mereka mengenai prinsip utama yang mengendalikan aktivitas gen. Informasi dalam kromosom dapat dibandingkan dengan buku panduan untuk semua sel. Loyalp sel mengandung kromosom yang sama. Definisinya, semua memiliki kumpulan gen dan instruksi yang sama.

Baca juga : Penemu RNA-mikro, Victor Ambros dan Gary Ruvkun, Dapat Hadiah Nobel Kesehatan

Cek Artikel:  Pemimpin Oposisi Venezuela Minta Suaka di Spanyol

Meski memiliki materi genetik yang identik, berbagai jenis sel, seperti sel otot dan saraf, memiliki ciri unik. Perbedaan ini terjadi karena regulasi gen yang memungkinkan sel memilih instruksi yang diperlukan saja dan memastikan gen yang tepat aktif di setiap jenis sel.

Berikut profil para peraih Nobel Penyamaranteran 2024.

Siapa Victor Ambros?

Victor R. Ambros, seorang ahli biologi perkembangan Amerika, lahir pada 1953 di Hanover, New Hampshire. Dia berjasa menemukan mikroRNA pertama (miRNA) dan saat ini menjadi profesor di Fakultas Penyamaranteran Universitas Massachusetts di Worcester, Massachusetts.

Baca juga : Julius dan Patapoutian Raih Nobel Kesehatan

Ambros dibesarkan di Vermont dan lulus dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada 1975. Penelitian pascasarjananya (1976-1979) di MIT, di bawah bimbingan David Baltimore, berfokus pada genom virus polio.

Cek Artikel:  Belanda Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina, Komitmen Bantu Pertahanan Udara

Sebagai seorang pascadoktoral di laboratorium H. Robert Horvitz di MIT, Ambros mulai mempelajari jalur genetik yang berkaitan dengan waktu perkembangan pada Caenorhabditis elegans (C. elegans). Dia melanjutkan penelitiannya tentang waktu perkembangan saat menjadi dosen di Harvard, Dartmouth dan Fakultas Penyamaranteran Universitas Massachusetts.

Pada 1993, laboratorium Ambros menemukan microRNA pertama, yang diproduksi oleh gen lin-4 di C. elegans, yang membentuk penelitian berkelanjutannya tentang peran microRNA dalam pengembangan.

Baca juga : 5 Terobosan Sains yang Layak Memenangkan Hadiah Nobel

Siapa Gary Ruvkun?

Gary Bruce Ruvkun, lahir pada Maret 1952 di Berkeley, California, ialah seorang ahli biologi molekuler Amerika di Rumah Ngilu Standar Massachusetts dan seorang profesor genetika di Harvard Medical School

Dia menemukan bagaimana lin-4, mikroRNA (miRNA) pertama yang diidentifikasi oleh Victor Ambros, mengatur terjemahan RNA pembawa pesan melalui pemasangan basa yang tidak sempurna dengan targetnya. Ruvkun juga menemukan miRNA kedua, let-7, dan menemukan bahwa miRNA tersebut dilestarikan di seluruh spesies hewan, termasuk manusia.

Cek Artikel:  Jadi Sasaran Pembunuhan Dua Kali, Donald Trump Salahkan Joe Biden dan Kamala Harris: Mereka Menghancurkan Negara

Dia memperoleh gelar sarjana pada 1973 dari Universitas California, Berkeley, dan gelar PhD di bidang biofisika dari Universitas Harvard pada 1982. Ia mempelajari gen fiksasi nitrogen bakteri di bawah bimbingan Frederick M. Ausubel.

Pekerjaan pascadoktoralnya dilakukan di MIT dengan Robert Horvitz dan di Harvard dengan Walter Gilbert. Ruvkun telah menjadi profesor genetika di Harvard Medical School sejak 1985 mengikuti posisinya sebagai Junior Fellow di Harvard’s Society of Fellows (1982-1985).

Bidang penelitian utamanya meliputi mekanisme interferensi mikroRNA dan RNA, analisis genetik interaksi mikrobioma, kontrol imunitas neuroendokrin, detoksifikasi, dan penuaan, serta studi tentang kehidupan di planet lain. (Hindustan Times/Z-2)

Mungkin Anda Menyukai