Regenerasi Kawasan Pesisir, Kolaborasi Pemprov DKI-Aeon Tanam 5.000 Mangrove

Regenerasi Kawasan Pesisir, Kolaborasi Pemprov DKI-Aeon Tanam 5.000 Mangrove
Suasana kegiatan program penanaman pohon oleh Aeon Environmental Foundation pada Sabtu, 28 September 2024, di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Aeon Environmental Foundation secara konsisten melakukan program penanaman pohon di Indonesia yang pada kali i(Dok. Aeon)

AEON Environmental Foundation (AEF) melanjutkan program penanaman pohon di Indonesia, dengan mengadakan Penanaman Pohon Jakarta ke-5 fase kedua di area hutan bakau mati, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Direktur & Komisaris Esensial Aeon Co. Naoya Okada mengatakan, AEF telah melakukan program penanaman pohon dalam dua fase di Indonesia sejak 2011. Itu ditujukan untuk melindungi daerah pemukiman dan jalan raya di sekitarnya dari banjir dan bencana lainnya, serta untuk memulihkan daerah pantai yang asri.
 
Fase pertama dilaksanakan selama tiga tahun sejak 2011, dengan total 63.000 pohon yang ditanam oleh 5.068 orang. Fase kedua telah dilaksanakan sejak 2018 di lahan yang berdekatan dengan lokasi penanaman pohon fase pertama, dengan total 26.000 pohon yang ditanam oleh 2.600 orang.

Cek Artikel:  Sulitnya UKM Mendapatkan Modal, Apa Penyebabnya

“Pada tahun ini AEF akan menanam 5.000 mangrove bersama dengan 500 relawan dari Indonesia dan 200 relawan dari Jepang,” kata Okada, Minggu (29/9).

Baca juga : Upaya Pemulihan Ekosistem Kawasan Pesisir Lalu Dilakukan

Ia menambahkan, gerakan penanaman pohon dan kegiatan lingkungan lainnya itu bertujuan untuk mewariskan kekayaan alam kepada generasi mendatang.

“Kami mulai menanam pohon pada 2011 dengan tujuan untuk melindungi wilayah pesisir dari bencana alam dan meregenerasi wilayah pesisir. Hingga saat ini, total sudah ada 89.000 pohon yang ditanam. Kami telah menanam lebih banyak pohon. Hutan bakau membantu mencegah pemanasan global, mencegah erosi tanah, dan menjadi rumah bagi berbagai makhluk hidup,” ujar Okada.

Cek Artikel:  Menkeu Tanggapi Viral Beli Sepatu Rp10 Juta Kena Pajak Rp31 Juta

Dia turut mengungkapkan, filosofi dasar Aeon ialah mengenai perdamaian. Itu tak melulu bebas dari konflik, melainkan juga dari  bencana alam seperti hujan lebat dan kekeringan akibat perubahan lingkungan global juga mengancam kehidupan yang damai. Karenanya, yayasan yang didirikan sejak 1990 itu telah menanam lebih dari 12,68 juta pohon di 11 negara.

Baca juga : EIGER Adventure Lanjutkan Konservasi Hutan Mangrove dengan Penanaman 10.000 Bibit di Belitung

“Krusial bagi semua orang untuk bekerja sama melindungi lingkungan global dan terlibat dalam aktivitas aktif yang mengarah pada pembangunan perdamaian. Mangrove yang kita tanam hari ini akan tumbuh besar dan juga akan menjadi bukti persahabatan lebih lanjut antara Indonesia dan Jepang, membantu membangun masa depan yang penuh senyuman bagi kedua negara,” jelasnya.

Cek Artikel:  Liputanindo.id.COM - Sambut Mudik Lebaran, PLN Tambah 23 Unit SPKLU di Sepanjang Tol Ngawi

Di kesempatan itu, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Bayu Meghantara mengatakan, kegiatan penanaman pohon turut didukung PT Jakarta Propertindo (Perseroda).

“Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan perusahaan daerah, perusahaan swasta, dan lainnya dalam mendukung kegiatan publik yang bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya. (E-2)

Mungkin Anda Menyukai