Tingkatkan Literasi dan Inklusi, Bank Bjb Dorong Kebiasaan Menabung

Acara FinExpo 2024 digelar untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. Foto: Dok istimewa

Jakarta: Di era digital, memiliki pengetahuan yang baik tentang pengelolaan keuangan menjadi krusial. Salah satu cara yang paling efektif untuk membangun dasar keuangan yang kuat adalah dengan menabung secara rutin demi mempersiapkan masa depan.

Demi itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan industri jasa keuangan terus menggiatkan kegiatan literasi dan inklusi keuangan. Bank bjb ikut mengedukasi masyarakat tentang pentingnya literasi keuangan, khususnya kebiasaan menabung. 

“Melalui berbagai program yang dijalankan, bank bjb berkomitmen untuk memperluas akses keuangan bagi masyarakat, sekaligus mendorong peningkatan literasi keuangan,” kata Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 6 Oktober 2024.

Cek Artikel:  Relawan Bakti BUMN Dorong Kesejahteraan Masyarakat Nias Selatan

Menurut data OJK, tingkat literasi keuangan di Indonesia pada 2024 sebesar 65,43 persen dan indeks inklusi keuangan sebesar 75,02 persen. Maksudnya, hampir setengah dari populasi Indonesia sudah memiliki pemahaman tentang produk dan layanan keuangan.

Dalam rangka mendukung bulan Inklusi Keuangan 2024, acara FinExpo 2024 digelar dengan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya pameran produk dan/atau layanan jasa keuangan, pameran produk UMKM binaan, perlombaan, talkshow dan artist performance.
 

Acara ini digelar  selama empat hari pada 3 hingga 6 Oktober 2024 di dua tempat yaitu Pentacity Mall dan e-Walk Mall Balikpapan. Acara ini merupakan bagian dari upaya untuk memperluas akses layanan keuangan dan mengampanyekan budaya menabung kepada masyarakat luas. 

Cek Artikel:  CEO AirAsia Tuding Avtur Mahal Penyebab Harga Tiket Naik, Pengamat Cari Sensasi

Pada acara ini, bank bjb menghadirkan berbagai program untuk memperkenalkan layanan dan produk keuangan yang dapat membantu masyarakat dalam mengelola keuangan dengan lebih baik. Beberapa program ditawarkan oleh bank bjb di FinExpo 2024.

“Antara lain program bjb Gebyar Tandamata periode sampai dengan akhir Oktober 2024 dan bjb Deposito SiSuka periode sampai dengan akhir Desember 2024, dimana nasabah akan mendapatkan benefit tambahan berupa hadiah cashback untuk penempatan nominal dan jangka waktu tertentu,” ujar Widi.

Bagi pengunjung FinExpo yang melakukan pembukaan rekening ataupun program yang ditawarkan di booth bank bjb, serta melakukan transaksi pembayaran menggunakan produk DIGI, DigiCash, dan debit Card bank bjb akan berkesempatan mendapatkan hadiah berupa merchandise.

“Kehadiran bank bjb dalam FinExpo 2024 juga dimaksudkan sebagai menjadi momentum untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat, sekaligus mengajak mereka untuk memulai kebiasaan menabung sejak dini,” ungkap Widi.

Cek Artikel:  PGN Seranganf Kembangkan Market Gas Bumi di Indonesia Timur

Mungkin Anda Menyukai