Pompa Tenaga Surya Jadi Solusi Krisis Air Rapi di Timor Tengah Utara

Pompa Tenaga Surya Jadi Solusi Krisis Air Bersih di Timor Tengah Utara
Anggota Banuan, NTT, memperoleh bantuan fasilitias pompa tenaga surya untuk pengadaan air bersih.(Solar Chapter)

Akses terhadap air bersih masih menjadi tantangan bagi banyak wilayah di Indonesia, khususnya di daerah terpencil seperti Nusa Tenggara Timur (NTT). Ketersediaan air yang layak tidak hanya memengaruhi kesehatan masyarakat, tetapi juga berdampak langsung pada ekonomi dan kesejahteraan desa. 

Untungnya, dengan kemajuan teknologi dan kolaborasi berbagai pihak, tantangan tersebut mulai teratasi. Desa-desa yang dulu kesulitan mendapatkan air kini mulai merasakan perubahan besar. Seperti halnya warga di Desa Banuan di Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT. Mereka berhasil mengatasi masalah itu melalui gotong royong membangun fasilitas pompa air tenaga surya.

Koordinator Proyek Solar Chapter, Yoga Nahak, mengatakan berkat kerja sama antara warga desa, Solar Chapter, dan program CSR perusahaan, Desa Banuan memiliki sistem air bersih yang menggabungkan gravitasi dan pompa tenaga surya.

Cek Artikel:  Holding Ultra Mikro Lalu Buktikan Kinerja Gemilang

Baca juga : Kekeringan Parah, Sumur Bor Buatan Pemerintah Tak Berfungsi

“Proyek ini menghadapi banyak tantangan karena jarak antara sumber air dan pemukiman mencapai 3,3 km, dengan medan yang sulit berupa tebing dan hutan,” ucap Yoga melalui keterangan tertulis, Senin (30/9).

Salah satu warga desa Banuan, Martinus Nuni, mengungkapkan dengan dukungan 10 panel surya, warga desa bisa memperoleh 60 ribu liter air per hari. 

Kerja sama lintas sektor sangat penting bagi kesuksesan proyek ini. Dukungan dari berbagai entitas seperti Vinilon berupa pengadaan pipa memungkinkan penyediaan infrastruktur berkualitas tinggi, termasuk pipa dan panel surya.

Kepala Desa Banuan, Agustinus Manbait, yang tahun lalu menginisiasi pengajuan bantuan melalui survei dari Solar Chapter menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas segala dukungan yang diterima.

Cek Artikel:  BIA Gandeng Pemda Jalankan Kegiatan Konservasi di Merauke

“Kami tidak bisa mengungkapkan betapa bersyukurnya kami. Air bersih kini tidak lagi menjadi impian yang jauh, melainkan kenyataan yang akan kami nikmati setiap hari,” katanya. (Z-11)

Mungkin Anda Menyukai