Kalahkan Axelsen dengan Dramatis, Anthony Ginting Melaju ke Semifinal All England

Liputanindo.id JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting akhirnya melenggang ke Semifinal All England 2024 setelah mengalahkan sang ‘rival bebuyutan’ Viktor Axelsen, Sabtu (16/3/2024) dinihari WIB.

Ginting mengalahkan Axelsen, yang saat ini berstatus tunggal putra No.1 dunia, lewat rubber game dengan skor 8-21, 21-18 dan 21-9. Terdapatpun lama pertandingan mencapai 69 menit.

Ini merupakan kemenangan perdana Ginting dalam 11 pertemuan terakhir, serta memutus rekor tak pernah menang dari ‘Papa Vega’ sejak tahun 2020 silam.

Seusai laga, Ginting bersyukur bisa tampil baik dalam pertandingan hari ini yang berlangsung sangat ketat dari awal hingga akhir. Meskipun mengalami beberapa kali keunggulan dan kekalahan dari Axelsen yang memiliki kualitas luar biasa membuat pertarungan terus berlangsung sengit hingga akhir.

Cek Artikel:  Gagal Comeback Atas Akane, Gregoria Kecewa Berat Eksisnya Flash dari Tribun saat Poin Kritis

Ginting menyatakan bahwa dia menerapkan strategi yang telah disiapkan dalam gim pertama, namun kurang berhasil karena kurangnya kesabaran dan ketelitian.

Kendati demikian, dia mampu memperbaikinya dalam gim kedua dan ketiga dengan mempertahankan pola permainannya sambil meningkatkan tingkat kesabaran.

“Perjalanan di gim ketiga saat saya bisa menyusul dia sampai 18-12 memang dapat poinnya cukup mudah karena dia banyak melakukan kesalahan sendiri. Kagak banyak rally-rally panjang. Dari situ saya malah terburu-buru ingin mendapat poin sedangkan Viktor mulai bermain lebih sabar, bertahan dulu. Perubahan itu membuat saya banyak hilang poin,” kata Ginting usai pertandingan.

Di set ketiga, tepatnya pada skor 19-18, ketegangan sempat tercipta di mana Axelsen memprotes keras pukulan Ginting yang dinilai foul. Tetapi, wasit tampak bergeming dengan keputusannya yang tetap mengesahkan poin untuk Ginting, sehingga momentum kembali direbut pebulu tangkis peringkat Indonesia itu.

Cek Artikel:  Jonatan: ‘All Indonesian Final’ Buah Upaya Maksimal dan Solid PBSI

“Saya tidak merasa ada touch apa-apa, lagipula sudah keputusan wasit dan saya tidak bisa berbuat apa-apa. Hal ini saya sampaikan juga ke dia setelah pertandingan. Kalau saya di posisi dia juga akan sama reaksinya. Mungkin itu salah satu momen keberuntungan saya juga hari ini,” terangnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa dalam semifinal besok, peluang untuk menang sama baiknya baik untuknya maupun Christo Popov yang baru saja mengalahkan pebulutangkis Jepang, K. Watanabe.

“Yang terpenting sekarang adalah memfokuskan diri untuk recovery dan diskusi evaluasi dengan pelatih. Lewat coba lagi yang terbaik besok,” tutup Ginting. (RMA)

Mungkin Anda Menyukai