Jejak Karir Alain Delon, Aktor Legendaris Prancis yang Berpulang di Usia 88 Pahamn

Jejak Karir Alain Delon, Aktor Legendaris Prancis yang Berpulang di Usia 88 Tahun
Alain Delon, aktor Prancis, berpulang di usia 88 tahun, MInggu (18/8/2024).(AFP/ Christophe Simon)

ALAIN Delon, aktor asal Prancis yang menjadi sensasi dunia di era-70an meninggal dunia dalam usia 88 tahun pada Minggu, (18/8/2024) waktu Prancis. Mulai menanjak di akhir tahun 50-an, Delon cepat meroket menjadi aktor paling kesohor Eropa di tahun 60-an dan kemudian menjadi ikon dunia di era 70-an hingga pertengahan 80-an.

 

 

Baca juga : Aktor Legendaris Prancis Alain Delon Tutup Usia

Aktor bernama lengkap Alain Fabien Maurice Marcel Delon itu digilai wanita, bahkan mendapat predikat simbol seks, bukan saja karena ketampanannya, melainkan juga gaya dan pembawaannya. Sejumlah filmnya yang terkenal adalah Plein Soleil, Le Samouraï, dan Rocco and His Brothers.

 

 

Baca juga : Gerard Depardieu Menyangkal Tuduhan Pemerkosaan dalam Surat Terbuka

Pengumuman meninggalnya Alain Delon diumumkan oleh anak-anaknya. Dalam sebuah pernyataan ke media Prancis, disebutkan Delon meninggal di rumahnya di Douchy, Prancis. “Alain Fabien, Anouchka, Anthony, dan juga Loubo (anjingnya), dengan sangat sedih mengumumkan meninggalnya ayah mereka. Dia meninggal dengan tenang di rumahnya di Douchy, dikelilingi oleh ketiga anaknya dan keluarganya,” kata mereka dalam sebuah pernyataan, dikutip dari media Prancis, Lemonde.

 

 

Baca juga : Frederika Cull Lakukan Debut di Gambar hidup Horor

Lahir pada tahun 1935 di Sceaux di pinggiran kota Paris, Delon dikeluarkan dari beberapa sekolah sebelum pergi pada usia 14 tahun untuk bekerja di toko daging. Setelah bertugas di angkatan laut (di mana dia melihat pertempuran dalam perang kolonial Prancis di Vietnam), dia diberhentikan dengan tidak hormat pada tahun 1956 dan terjun ke dunia akting.

Cek Artikel:  Viral Sejoli Berbuat Mesum di Pelataran Masjid Terapung BJ Habibie Parepare

 

 

Baca juga : Park Shin-hye dan Park Hyung-sik Digandeng dalam Kampanye Mendunia, Dubai, Who’s Ready?

Dia ditemukan oleh produser Hollywood David O Selznick di Cannes dan menandatangani kontrak, tetapi memutuskan untuk mencoba peruntungannya di sinema Prancis dan memulai debutnya dengan peran kecil dalam film thriller Yves Allégret pada tahun 1957, Send a Woman When the Devil Fails.

 

 

Ketampanan Delon yang luar biasa memberi dampak secara langsung dan dia dengan cepat menjadi pemeran utama. Pada tahun 1958 ia berperan sebagai lawan main Romy Schneider dalam film Christine. Mereka berperan sebagai seorang tentara dan putri seorang musisi yang saling jatuh cinta. Delon dan Schneider memulai kisah cinta di luar lokasi syuting, yang mengukuhkan reputasi Delon yang sedang berkembang sebagai simbol seks.

 

 

Pada tahun 1960, dia membintangi dua film yang memiliki dampak signifikan secara internasional: adaptasi Patricia Highsmith, Plein Soleil (alias Purple Noon) dan Rocco and His Brothers. Gambar hidup yang pertama, versi bahasa Prancis dari The Talented Mr Ripley, mengubah Delon menjadi bintang besar.

 

 

Cek Artikel:  Ikut Bunyikan "Peringatan Darurat", Postingan Tanpa Keterangan Raditya Dika Jadi Perbicangan Netizen

Sementara Rocco, sebuah kisah tentang keluarga petani Italia selatan yang pindah ke utara yang makmur, membawanya ke orbit Visconti, salah satu sutradara terkemuka di Eropa. Delon bertemu kembali dengan Visconti pada tahun 1963 untuk film The Leopard (alias Il Gattopardo), sebuah film epik berskala besar yang berlatar belakang Risorgimento Sisilia, yang diadaptasi dari novel terkenal Lampedusa.

 

 

Ia pun kemudian memulai upaya serius untuk masuk ke film berbahasa Inggris, dimulai dengan peran kecil dalam film komedi antologi The Yellow Rolls-Royce yang disutradarai oleh Anthony Asquith. Delon tampil dalam Lost Command, tentang pasukan terjun payung Prancis pada perang dunia kedua. Ia juga membintangi film Texas Across the River, dan Is Paris Burning?, sebuah film epik masa perang lainnya yang dibintangi oleh Kirk Douglas. Tetapi, tidak ada yang cukup sukses di Hollywood untuk membuatnya tetap berada di sana, dan Delon kembali ke Prancis.

 

 

Pada tahun 1967, ia membuat film klasik Le Samouraï dengan sutradara Jean-Pierre Melville. Ia berperan sebagai pembunuh bayaran yang mengenakan jas hujan. Kesuksesan film tersebut di dalam negeri mengawali serangkaian film kriminal lainnya, termasuk The Sicilian Clan bersama Jean Gabin, Borsalino yang berlatar di Marseille yang disutradarai oleh Deray, dan film klasik Melville lainnya, The Red Circle.

 

 

Cek Artikel:  Ditegur KPI Karena Penampilannya di Brownis Trans7, Begini Respons Ivan Gunawan

Delon juga sempat beradu akting dengan Marianne Faithfull dalam Girl on a Motorcycle, di mana Faithfull yang mengenakan pakaian kulit mengendarai sepeda motor melintasi Eropa, serta dalam La Piscine yang dibintangi oleh mantan kekasihnya, Schneider, yang diproduksi ulang pada tahun 2016 dengan judul A Bigger Splash yang dibintangi oleh Tilda Swinton dan Ralph Fiennes.

 

 

Selama tahun 1970-an Delon terus membintangi film, namun film-filmnya tidak memberikan dampak yang sama seperti dekade sebelumnya. Monsieur Klein, di mana Delon memerankan seorang art dealer selama perang dunia kedua yang identitasnya tertukar dengan seorang buronan Yahudi dengan nama yang sama, memenangkan film terbaik di ajang penghargaan film Prancis, César Awards pada tahun 1977.

 

 

Pada tahun 1985, ia memenangkan penghargaan aktor terbaik di ajang tersebut untuk film Notre Histoire karya Bertrand Blier. Delon juga mengembangkan sayapnya, memproduksi serangkaian film dengan perusahaannya sendiri, memulai debut penyutradaraannya pada tahun 1981 dengan Pour la Peau d’un Flic, dan mempromosikan tinju serta mendesain furnitur.

 

 

Delon mulai mengurangi produksinya pada tahun 1990-an setelah memainkan peran ganda dalam film Nouvelle Vague karya Jean-Luc Godard. Pada tahun 1997 ia mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia akting, namun ia kembali pada tahun 2008 untuk memerankan Julius Caesar dalam film live-action Prancis, Asterix, di Olimpiade. (M-1)

Mungkin Anda Menyukai