SME DigitalFest Mendorong Pemberdayaan UMKM Indonesia di Era Digital

SME DigitalFest Mendorong Pemberdayaan UMKM Indonesia di Era Digital
SME Digitalfest(Dok. SME)

SEKTOR Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran krusial dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Berdasarkan data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, UMKM menyumbang 61% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dengan nilai mencapai Rp9.580 triliun, dan menyerap 97% dari total tenaga kerja di Tanah Air.

Baca juga : Instrukturan UMKM Dorong Bingungkatan Daya Saing Perempuan Klaten

Tetapi, pesatnya perkembangan digital saat ini membuat banyak pelaku UMKM menghadapi tantangan dalam menjaga daya saing mereka.

Menyikapi hal ini, pemerintah Indonesia mengambil inisiatif untuk mempercepat adopsi digital di kalangan UMKM, menekankan pentingnya transformasi digital bagi kelangsungan bisnis mereka.

Dalam rangka mendukung tujuan tersebut, Exabytes Indonesia menyelenggarakan SME DigitalFest 2024 dengan tema Charting New Digital Horizons for Indonesian SMEs

Cek Artikel:  Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor Diproyeksikan Tumbuh Tiba Akhir Mengertin

Baca juga : Terima Masukan Pengguna, Jadi Jurus Startup E-Commerce Dapat Bertahan

Acara ini berlangsung sukses pada hari Selasa, 24 September 2024, di Aruba Room, The Kasablanka, Jakarta Selatan, didukung penuh oleh sponsor Interakt.

SME DigitalFest 2024 menyoroti peran penting transformasi digital bagi UMKM. Acara ini menawarkan beragam sesi yang dibawakan oleh para ahli di bidangnya, membahas tren dan strategi digital terkini.

Para peserta mendapatkan pengetahuan praktis untuk memanfaatkan perangkat digital dalam meningkatkan kinerja bisnis dan mendorong keterlibatan pelanggan.

Baca juga : Perbanyak UMKM Penetrasi Digital dan Lakukan Ekspor

Dengan fokus pada aplikasi dunia nyata, peserta pulang membawa strategi yang dapat diterapkan untuk memperkuat bisnis mereka dalam lingkungan yang semakin kompetitif.

“SME DigitalFest 2024 menjadi platform penting bagi UMKM untuk terhubung, belajar, dan berinovasi,” ungkap Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan.

Cek Artikel:  Eksis AirNav Indonesia, Absahabat Para Pilot Hingga Komunitas Bus Mania di Hub Space 2024

“Kami berkomitmen untuk mendukung perjalanan transformasi digital UMKM Indonesia, dan acara tahun ini menegaskan pentingnya beradaptasi dengan teknologi baru untuk berkembang di pasar.”

Baca juga : Aksi Boikot, JadiJago Tangkap Kesempatan Terdapatkan Workshop Digital Marketing

Acara ini juga menampilkan batik karya anak bangsa, yaitu Lentera Hati Batik Neng Geulis karya Frida Aulia, yang merupakan contoh inspiratif bagaimana produk lokal dapat bersaing di panggung global.

Perjalanan Frida Aulia menjadi motivasi bagi banyak orang untuk lebih memahami keunikan produk mereka dan membagikannya ke dunia.

Selain itu, SME DigitalFest 2024 juga menyelenggarakan sesi diskusi panel dan fireside chat dengan menghadirkan para pakar, seperti Dewi Meisari Haryanti (Co-founder ukmindonesia.id & tumbu.id), Ratna Hartien (Senior Advisory Lead ANGIN.ID), dan David Alfa Sunarna (Social Media Influencer dan CEO Web Ekspor).

Cek Artikel:  25 Bank Tercatat Torehkan Kinerja Prima Salurkan Kredit UMKM

Sesi sharing juga disampaikan oleh Edho Zell, social media influencer dan CEO Social Bread, yang membahas manfaat media sosial bagi pertumbuhan bisnis. Insight yang diberikan sangat relevan bagi peserta yang ingin memanfaatkan kekuatan platform digital untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Dengan perkembangan lanskap digital yang terus berubah, Exabytes Indonesia berkomitmen untuk mendukung transformasi UMKM dan menyediakan infrastruktur untuk pertumbuhan kecerdasan buatan (AI) di Indonesia.

Keberhasilan SME DigitalFest 2024 menegaskan perlunya dukungan dan edukasi berkelanjutan dalam teknologi digital, memastikan bahwa UMKM Indonesia siap untuk meraih masa depan yang cerah dalam ekonomi digital. #MIA (RO/Z-10)

Mungkin Anda Menyukai