Militer Israel Siapkan Balasan Skala Besar terhadap Iran

Militer Israel Siapkan Balasan Skala Besar terhadap Iran
Ilustrasi.(Al Jazeera)

MILITER Israel bersiap melakukan respons militer berskala besar terhadap Iran setelah Teheran melancarkan serangan rudal besar-besaran awal minggu ini sebagai respons atas pembunuhan sejumlah pemimpin senior Hizbullah dan Hamas. Demikian klaim media Israel pada Sabtu (5/10). 

Perusahaan Penyiaran Publik Israel melaporkan bahwa tentara Israel tengah mempersiapkan balasan besar dan berat terhadap Iran. Hal ini menyusul serangan rudal balistik Iran terhadap instalasi militer dan pemerintah Israel pada Selasa sebagai tanggapan atas pembunuhan tokoh senior dalam kelompok perlawanan Hizbullah dan Hamas.

“Tentara tengah merencanakan tanggapan signifikan terhadap serangan rudal Iran, yang, meskipun tidak menyebabkan kerusakan signifikan, tidak dapat dibiarkan begitu saja. Militer tengah mempersiapkan serangan hebat,” klaim media tersebut dilansir dari Anadolu.

Cek Artikel:  Sehari, 35 Nyawa Penduduk Gaza Melayang

Baca juga : Iran Tembakkan 180 Rudal Balistik ke Israel, Biden dan Netanyahu Merespons

Laporan tersebut juga mengindikasikan bahwa Israel mengharapkan dukungan dari negara-negara lain dalam koalisi melawan Iran serta koordinasi internasional yang berkelanjutan. Laporan tersebut menambahkan bahwa sekutu Israel, termasuk Amerika Perkumpulan (AS), memandang Iran sebagai ancaman bersama.

Sejalan dengan hal ini, komandan Komando Pusat AS Jenderal Michael Kurilla diperkirakan akan mengunjungi Israel minggu ini untuk membahas strategi bersama.

Dalam laporan terpisah, surat kabar Haaretz mengatakan Israel tengah merencanakan kampanye militer besar-besaran terhadap Iran, sementara juga bersiap menghadapi serangan rudal lebih lanjut dari Teheran sebagai tanggapan atas pembalasan Israel yang diperkirakan akan terjadi.

Cek Artikel:  Enam Metode Maksimalkan Pengalaman Umrah di Mekah

Baca juga : Aneka Rudal Canggih Iran dan Fitur-Fiturnya

Menurut surat kabar tersebut, selain mempersiapkan aksi terhadap Iran, militer meningkatkan serangan militernya di Jalur Gaza, Palestina.

Seorang sumber militer Israel yang tidak disebutkan namanya, dikutip oleh Radio Nomortan Darat, mengatakan, “Israel tengah mempersiapkan serangan skala besar terhadap Iran. Kami mengharapkan kerja sama yang signifikan dari mitra regional kami selama serangan tersebut.”

Harian Yedioth Ahronoth juga melaporkan bahwa pejabat Eropa bertemu dengan pejabat pertahanan Israel di Tel Aviv untuk mengoordinasikan respons militer terhadap Iran.

Pada Selasa, Iran meluncurkan sedikitnya 180 rudal sebagai balasan atas pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh dan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah.

Cek Artikel:  Terdapat Berapa Benua di Dunia Ini Penjelasannya

Israel menargetkan Nasrallah dan komandan lain Hizbullah dalam serangan udara di pinggiran selatan Beirut pada 27 September. Haniyeh tewas dalam serangan di kediamannya saat berkunjung ke Teheran pada akhir Juli. (Z-2)

 

Mungkin Anda Menyukai