Polemik Tembang ‘Cinderella’ Makin Panjang, Eks Personel Fresh Band Sebut Ipay Bukan Pencipta Tembang Tunggal

Liputanindo.id JAKARTA – Polemik lagu ‘Cinderella’ yang diperebutkan band Radja dan sosok Rival Achmad Labbaika alias Ipay, masih terus bergulir. Kali ini, Ipay disebutkan bukanlah pencipta tunggal dari lagu hits yang membawa Radja dikenal publik.

Manajer grup band Radja, Rana Arinansyah, mengungkapkan bahwa Ipay bukan pencipta tunggal lagu tersebut. Katanya, banyak pihak yang terlibat saat proses pembuatan lagu Cinderella. Apalagi saat itu Ipay disebut tak bisa memainkan gitar.


Oleh karena itu, Rana menilai bahwa Ipay memerlukan orang lain untuk menemukan notasi guna melengkapi lagu itu.


“Biar teman-teman juga tahu, terkait lagu Cinderella itu, sebetulnya bukan lagu ciptaan Ipay tunggal,” kata Rana di Polda Metro Jaya, belum lama ini.

Cek Artikel:  Rayakan Ramadan di Tangerang, RCTI Hadirkan Tabligh Akbar dan Festival Hafiz Indonesia 2024


Dalam kesempatan yang sama, muncul sosok mantan rekan Ipay di Fresh Band, Jipeng, juga angkat bicara. Jipeng adalah orang yang diduga menciptakan notasi dari lagu Cinderella.


“Karena dia, kan, satu grup sama saya tuh. Karena bikin lagunya, saya main gitar dan dia bernyanyi. Jadi sama-sama berdua (bikin lagunya),” kata Jipeng.


Lebih lanjut Jipeng menjelaskan bahwa di Fresh Band, Ipay tak sendirian. Kala itu ada pula Hendi sebagai drummer (kini drummer GIGI), Ipay sebagai vokalis, Iman sebagai lead gitaris, Jipeng sebagai rhythm gitaris, dan Amin sebagai basis.


Oleh karena itu, Jipeng menilai tak elok jika Ipay menyebut dirinya sendiri sebagai pencipta lagu Cinderella. Alasan hampir seluruh anggota band ikut andil dalam penciptaan lagu tersebut.

Cek Artikel:  Profil Azizah Salsha Andre Rosiade yang Baru 1 Mengertin Menikah dengan Pratama Arhan


“Jadi, untuk mengklaim dia sendiri (yang menciptakan lagu Cinderella) juga enggak bisa begitu,” tutur Jipeng.

Podcast Punya Anji Ikut Terseret

Sementara itu, akun YouTube milik Anji juga ikut terseret dalam masalah lagu ‘Cinderella’ tersebtu. Konten milik Anji itu dilaporkan atas pelanggaran UU ITE terkait penyebaran konten di media sosial.

Dalam salah satu podcast yang ditayangkan di akun YouTube dunia MANJI, Anji menghadirkan Rival Bayu alias Ipay yang mengaku sebagai pencipta asli lagu ‘Cinderella’ yang dinyanyikan Radja.

Rival menyebut Ian membawakan lagu ciptaannya, Cinderella, tanpa memberi royalti kepadanya. Rival menuntut Ian dkk sebesar Rp 20 miliar.


Laporan Radja terdaftar dengan nomor laporan LP/B/4764/VIII/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA. Dirikun YouTube dunia MANJI dilaporkan dengan Pasal 27 (3) Juncto 45 ayat (3) dan atau Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP.s. (IRN)

Cek Artikel:  Duet dengan Isyana Sarasvati di Podium Pestapora 2024, Mahalini Sayai Deg-degan: Nyanyi Bareng Idola

Mungkin Anda Menyukai