Pemerintah Percepatan Aksesi CP-TPP

Pemerintah Akselerasi Aksesi CP-TPP
Ilustrasi(Antara)

Pemerintah mendorong percepatan aksesi Indonesia sebagai anggota dari Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CP-TPP). Itu menyusul arahan dari Presiden Joko Widodo yang secara resmi juga meminta Selandia Baru sebagai Depository Country CP-TPP untuk mempercepat proses tersebut.

“Hari ini sudah diskusi dengan dubes dari negara-negara terkait. Surat Indonesia dilayangkan dan satu hari kemudian menteri perdagangan Selandia Baru langsung merespons, itu karena prosesnya sudah lama dan kami sudah melakukan juga penyampaian niat Indonesia untuk aksesi dalam forum Nikei di Jepang kemarin dan mendapatkan respons yang baik,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di kantornya, Rabu (25/9).

Keinginan Indonesia untuk masuk dalam CP-TPP, kata Airlangga, berdasarkan pada penguatan kerja sama ekonomi dengan negara-negara anggota, sekaligus mendorong peningkatan kinerja ekspor nasional. Karena, diperkirakan kinerja ekspor Indonesia diperkirakan akan naik 10% setelah bergabung dengan CP-TPP.

Cek Artikel:  BCA Expo 2024 Persembahkan Kembang Terendah Sepanjang Sejarah di Hari Kemerdekaan

Baca juga : Nasib Perundingan IEU-CEPA tak Jernih, Upaya 9 Pahamn Sia-Sia

Bergabungnya Indonesia dalam CP-TPP juga akan membuka pasar perdagangan baru, utamanya di Amerika Latin dan Kanada. Dengan demikian, pasar perdagangan Indonesia di Benua Amerika akan bertambah besar. Sekarang ini, misalnya, Indonesia tak bisa secara optimal melakukan ekspor ke Meksiko lantaran adanya penerapan kuota.

“Kita ekspor ke Meksiko itu kena yang namanya trade in quota. Jadi bukan soal kompetitif, tapi kita dikasih kuota untuk ekspor. Kita berharap yang seperti ini akan hilang. Sekarang juga untuk tekstil dan garmen, apparel, di mana kita sangat membutuhkan untuk penciptaan lapangan kerja,” kata Airlangga.

“Kita (sekarang) di semua negara kena bea masuk 20-40%, jadi kalau ini lebih rendah, seperti Vietnam, itu ekspor bisa meningkat lebih besar, dan ini sektor yang sangat diperlukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan,” tambahnya.

Cek Artikel:  Promo Spesial BRImo di Localfest 2024, Bikin Belanja dan Hiburan Jadi Lebih Panggil

Baca juga : Jadi Negara Aksesi OECD, Indonesia Sasarankan Perluasan Dagang

Indonesia, lanjut Airlangga, turut menilai saat ini merupakan momen yang tepat untuk bergabung dalam CP-TPP. Pasalnya, perekonomiann dunia tengah dalam tren pelambatan. Diharapkan proses bergabungnya Indonesia dalam CP-TPP tak memakan waktu lama.

Dengan begitu, ketika ekonomi dunia mulai kembali pulih, Indonesia telah masuk sebagai anggota CP-TPP dan memetik buah manis keanggotaan tersebut. “Kita melihat dalam situasi perdagangan dunia dan pertumbuhan ekonomi yang rendah pascacovid, kita membahas perjanjian, sehingga pada saat dunia recover 2-3 tahun lagi, kuenya sudah membesar, kita sudah ada di dalam. Ini yang membuat market kita terbuka secara luas,” jelas Airlangga.

Cek Artikel:  Dua Mobil Listrik Hyundai Sedot Perhatian Pengunjung GIIAS Surabaya 2024

CP-TPP juga dikenal sebagai TPP-11 lantaran beranggotakan 11 negara, sebuah perjanjian perdagangan antara Australia, Brunei, Kanada, Chile, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura dan Vietnam.

Perjanjian ini merupakan perkembangan dari Kemitraan Trans-Pasifik (TPP) yang tidak pernah diratifikasi karena penarikan diri Amerika Perkumpulan. Sebelas anggota tersebut memiliki ekonomi yang mewakili 13,4% dari produk domestik bruto global atau sekitar US$13,5 triliun. (Mir)

Mungkin Anda Menyukai