Kalahkan Timor Leste, Timnas U 19 Indonesia Melaju ke Semifinal

JAKARTA – Timnas U 19 Indonesia memastikan tiket ke semifinal ASEAN U-19 Boys Championship 2024 setelah mengalahkan Timor Lesta dengan skor telak 6-2 pada laga terakhir Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/7/2024) malam.

Demi lawan di semifinal, Indonesia akan melawan juara Grup C antara Malaysia atau Thailand. Duel kedua tim akan menjadi laga pamungkas Grup C lusa mendatang. Babak semifinal akan digelar pada Sabtu (27/7) juga di Stadion Gelora Bung Tomo.

Dalam laga ini, pelatih U-19 Indonesia Indra Sjafri melakukan perubahan taktik dan rotasi sebagian pemain.

Kalau sebelumnya saat melawan Filipina (17/7) dan Kamboja (20/7) menerapkan formasi 3-4-3, kali ini Indra Sjafri mengubah dengan skema 3-5-2 dengan menempatlan duet Jens Raven dan Muhammad Ragil di lini depan yang biasanya baru dimainkan di babak kedua.

Cek Artikel:  PT LIB Janji Usut Kerusuhan Suporter di Bandung

Hasilnya sangat efektif di 45 menit pertama. Raven melesakkan dua gol pada menit ke-15.

Enggak berselang lama, Timor Leste mendapatkan penalti setelah Alexandro Bahkito dijegal Felix Engkauru. Ricardo Rorinho maju sebegai eksekutor dan sukses mengubah skor menjadi 1-1 di menit ke-23.

Indonesia tidak butuh waktu lama untuk kembali unggul 2-1. Raven mencetak gol lagi di menit ke-26 setelah menuntaskan assist Muhammad Kafiatur. Garuda Nusantara kembali memperbesar keunggulan menjadi 3-1 di injury time lewat Figo dari luar kotak penalti. Skor tersebut bertahan sampai turun minum

Di babak kedua, Kadek Arel dan kawan-kawan tampil lebih dominan.

Indonesia kembali mencetak gol di menit ke-51 babak kedua. Kadek Arel membawa Indonesia memimpin 4-1 lewat sundulannya. Disusul Arkhan Kaka di menit k-53.

Cek Artikel:  Albert Gudmundsson Kenapa PHP Juventus di Musim Panas ini?

Kafiatur bikin gol indah di menit ke-56. Bola tembakannya dari luar kotak penalti membuat Indonesia memimpin 6-1.

Timor Leste memperkecil kekalahan menjadi 2-6 di menit ke-86. Skor 6-2 untuk Indonesia bertahan hingga laga berakhir.  (Yazid N). ***

Mungkin Anda Menyukai