Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jepang Bungkam Korut, Thailand Imbangi Korsel

Liputanindo.id JAKARTA – Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mempertandingkan sejumlah laga pada Kamis (21/3/2024). Di antaranya laga Jepang kontra Korea Utara yang berhasil dimenangkan negara Sakura tersebut dengan kemenangan tipis 1-0 di Japan National Stadium.

Jepang berhasil mencetak gol cepat saat laga baru berjalan dua menit. Ao Tanaka menuntaskan umpan dari Ritzu Doan untuk membuat skor menjadi 1-0.

Kemasukan gol cepat membuat Korea Utara bermain menyerang di sepanjang pertandingan untuk menyamakan kedudukan.

Jepang juga tidak tinggal diam dan terus berupaya menambah gol di pertandingan ini. Tetapi, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan berakhir.

Jepang berhasil meraih tiga poin dari pertandingan ini. Kemenangan ini juga membuat timnas Jepang kokoh di puncak klasemen Grup B. Jepang sejauh ini masih belum terkalahkan dengan raihan sembilan poin dari tiga pertandingan.


Thailand Tahan Imbang Korsel


Sementara itu pada pertandingan lainnya, mengutip Antara, 
Thailand mampu menahan imbang Korea Selatan 1-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Piala Dunia Seoul, Kamis malam WIB.

Cek Artikel:  Eko Yuli Gagal Sumbang Medali dari Olimpiade 2024

Baca Juga:
Shin Tae-yong Panggil 28 Pemeran untuk Hadapi Vietnam, Termasuk Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen

Korea Selatan unggul terlebih dahulu berkat gol penyerang Tottenham Hotspur Son Heung-Min. Tetapi, tim tamu mampu menyamakan kedudukan berkat gol Suphanat Mueanta.

Berdasarkan laman resmi AFC, hasil ini tidak mengubah posisi Korea Selatan di puncak Grup C dengan raihan tujuh poin. Sementara Thailand harus turun ke peringkat ketiga.

Meski menjadi tim tamu, Thailand justru mencoba tampil agresif sejak pertandingan dimulai dan menekan pertahanan Korea Selatan. Tetapi, Korea Selatan bisa keluar dari tekanan dan balik mendominasi permainan.

Korea Selatan sukses memecah kebuntuan pada menit ke-42. Berawal dari pergerakan Lee Jaesung dari sisi kiri, ia memberikan umpan yang kemudian dituntaskan oleh Son Heung-Min ke gawang Thailand. Babak pertama berakhir 1-0.

Cek Artikel:  Olahraga Lari Makin Digandrungi, Salonpas Sport 10K Run 2024 Siap Digelar di TMII


Selepas jeda istirahat, Korea Selatan kembali melanjutkan dominasi mereka sedangkan Thailand mengandalkan serangan balik untuk mengancam gawang Korea Selatan.

Upaya Thailand akhirnya membuahkan gol penyeimbang pada menit ke-61. Suphanat Mueanta melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan gawang Korea Selatan untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Korea Selatan merespons gol itu dengan meningkatkan intensitas serangan mereka demi mengembalikan keunggulan. Sayangnya tidak ada gol tambahan yang tercipta sehingga pertandingan berakhir imbang dengan skor imbang 1-1.


Timnas Garuda Bungkam Vietnam

Hasil positif juga diraih Timnas Indonesia setelah memetik kemenangan perdana pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F usai menundukkan Vietnam 1-0 melalui gol Egy Maulana Vikry (52′) di Stadion Primer Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis.

Menurunkan dua pemain anyar sejak awal, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, tim Garuda sempat kesulitan pada babak pertama. Setelah itu, perlahan Indonesia keluar dari tekanan.


Pada babak kedua, melihat anak-anak asuhnya yang tak bisa berbuat banyak di babak pertama, STY langsung melakukan tiga pergantian di babak kedua dengan memasukkan Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Egy Maulana Vikry untuk menggantikan Yakob Sayuri, Nathan Tjoe-A-On, dan Hokky Langkahka.

Cek Artikel:  Gol Hiburan Lamine Yamal Gagal Bawa Barcelona Menang Rival Osasuna

Keputusan STY itu pun langsung terlihat di lapangan di mana pasukan Merah Putih mengambil inisiatif permainan sejak awal dan kemudian menciptakan peluang pertama melalui first time Ivar Jenner menit ke-49 yang berawal dari lemparan ke dalam Arhan.

Puncaknya, tiga menit berselang, kembali diawali dari lemparan ke dalam Arhan, gol Indonesia tercipta melalui kaki Egy ketika pemain milik Dewa United itu menyontek bola dengan mudah setelah memanfaatkan kesalahan antisipasi bek Vo Minh Trong. Skor 1-0 untuk Indonesia. (IRN)

 

Baca Juga:
Indonesia Kalah 5-0 Atas Iran, Shin Tae-yong: Pemeran Sudah Kerja Keras di Lapangan

 

Mungkin Anda Menyukai