Ini Pengaruh Deflasi 5 Bulan yang Menghantam Indonesia, Cekidot!

Ilustrasi, para pedagang tengah menunggu pembeli yang menurun. Foto: Medcom.id

Jakarta: Deflasi adalah penurunan harga barang dan jasa di suatu wilayah. Hal ini terjadi ketika jumlah uang beredar di masyarakat berkurang, menyebabkan daya beli masyarakat menurun.
 
Melansir laman Kemenkeu, beberapa penyebab deflasi antara lain orang menyimpan uang di bank, permintaan barang menurun sementara produksi tetap tinggi, dan perlambatan ekonomi yang menyebabkan pengangguran dan penurunan pendapatan.
 
Salah satu contoh deflasi di Indonesia yaitu terjadi saat bulan puasa. Banyak orang mengurangi pengeluaran mereka selama Ramadan, terutama untuk makanan dan minuman. Hal ini bisa menyebabkan penurunan harga barang-barang tersebut, yang pada akhirnya berkontribusi pada deflasi.
 

Cek Artikel:  ADB Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI Kukuh di 5%

 

Elemen inflasi

 
Di sisi lain, inflasi merupakan kondisi ketika harga barang dan jasa di suatu wilayah naik. Hal ini terjadi karena jumlah uang yang beredar di masyarakat meningkat, sehingga nilai uang menjadi lebih rendah.
 

Inflasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kenaikan harga BBM yang menyebabkan naiknya biaya produksi, atau kenaikan harga komoditas seperti telur, cabai, dan daging ayam. (Muhammad Rizky H).

Mungkin Anda Menyukai