Ini Dalih Gus Yaqut Absen di Rapat Penilaian Haji

Ini Alasan Gus Yaqut Absen di Rapat  Evaluasi Haji
Menteri Religi Yaqut Cholil Qoumas.(Medcom/Fachri)

WAKIL Menteri Religi (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki membeberkan alasan Menteri Religi Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) absen rapat evaluasi Haji 2024 di DPR RI.

Saiful menuturkan Yaqut saat ini masih menjalankan tugas untuk mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Paris, Prancis dalam agenda Meeting for Peace.

“Pertama kami sampaikan permohonan maaf karena memang bapak menteri sedang menjalankan tugas yang diberikan. Hari ini sedang ada di Prancis dalam menjalankan tugas mewakili presiden pada acara international meeting for peace di Paris,” tutur Saiful dalam rapat komisi VII di Jakarta, Senin (23/9).

Baca juga : Pansus Haji Dapatkan Bukti Pelanggaran oleh Menag

Saiful menerangkan, acara tersebut baru berakhir pada Sabtu (28/9/2024). Oleh karenanya, Menag Yaqut tidak bisa menghadiri rapat evaluasi kerja bersama DPR RI karena tugas negara tersebut.

Cek Artikel:  Harvey Moeis Ragukan Keterangan Saksi Ali Samsuri

Tetapi, Saiful sempat mengajukan agar rapat evaluasi Haji 2024 bisa dilaksanakan dalam jaringan atau online kepada pimpinan Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi.

“Dan ada opsi beliau sampaikan karena beliau juga tidak bisa meninggalkan tugas tersebut, bersedia secara online pak?” tutur Saiful.

Sementara itu, Ashabul mengemukakan Komisi VIII DPR RI masih mempertimbangkan permintaan Saiful agar Menag Yaqut dapat hadir secara daring.

“Tadi sudah disampaikan oleh anggota dan pimpinan, bahwa berdasarkan aturan rapat kerja ini harus dihadiri bapak Menteri Religi, dan kami hanya dapat menjadwalkan ulang di tanggal 27 September. Nanti beliau bisa hadir secara fisik atau online nanti dibicarakan di tingkat pimpinan ya,” tandas Ashabul. (P-5)

Cek Artikel:  Hakim Pengawas Dituding Langgar Aturan, Kuasa Hukum Spesialis Waris Singapura Tolak Lanjutkan Rapat Kreditur

Mungkin Anda Menyukai