Nyaris 200 Aktivis Lingkungan Dibunuh pada 2023, Terbanyak di Kolombia

Hampir 200 Aktivis Lingkungan Dibunuh pada 2023, Terbanyak di Kolombia
Kolombia jadi negara paling mematikan di dunia bagi aktivis lingkungan.(Juancho Torres/picture alliance/AA)

SEBANYAK 196 aktivis lingkungan dan pembela tanah di seluruh dunia tewas pada 2023, menurut lembaga pengawas Dunia Witness, Selasa (10/9). Kolombia menempati posisi negara paling mematikan menurut laporan organisasi nonpemerintah tersebut.

Amerika Latin masih menjadi wilayah paling berbahaya di dunia bagi para aktivis lingkungan, dengan 85% pembunuhan terjadi di sana.

Tercatat 79 pembunuhan aktivis lingkungan terjadi di Kolombia pada tahun 2023 — jumlah tertinggi yang tercatat untuk satu negara sejak Dunia Witness memulai ulasan tahunannya pada tahun 2012. Brasil, Honduras, dan Meksiko berada di urutan berikutnya.

Baca juga : Riset: Perubahan Iklim Turunkan Pendapatan Keluarga

Laporan tersebut juga mengingatkan para pembaca tentang “tindakan keras terhadap para pegiat lingkungan di Inggris, Eropa, dan Amerika Perkumpulan”, bahwa “hukum semakin kerap digunakan sebagai senjata untuk melawan para pembela tanah.”

Ini adalah tahun kedua berturut-turut Kolombia memuncaki peringkat negara dengan tingkat pembunuhan aktivis lingkungan dan pembela tanah tertinggi di seluruh dunia.

Cek Artikel:  Temui Presiden Vietnam, Prabowo Diminta Bantu Latih Perwira Bersenjata

Sebagian besar pembunuhan aktivis di negara Amerika Selatan itu terjadi di wilayah barat daya. Pada Senin malam, pemerintah Kolombia merilis pernyataan yang mengatakan bahwa menduduki puncak daftar Dunia Witness adalah hal yang ‘tidak terhormat’.

Baca juga : Greenship untuk Rumah Terjangkau Jadi Inisiatif Menghadapi Tantangan Perubahan Iklim

“Pemerintah nasional mengakui situasi serius yang diakibatkan oleh konflik sosial-ekologis yang terkait dengan perdagangan narkoba, praktik ekstraktif yang terkait dengan ekonomi gelap, dan konfigurasi ulang konflik bersenjata,” kata pemerintah.

Grup masyarakat sipil pun buka suara. “Nomor ini sangat memalukan bagi kami di negara ini,” kata Astrid Torres, koordinator Somos Defensores, kelompok hak asasi manusia Kolombia. Ia mengatakan melindungi lingkungan dan para pembelanya juga merupakan tanggung jawab lembaga negara seperti jaksa.

Amerika Tengah telah muncul sebagai salah satu tempat paling berbahaya di dunia bagi para pembela HAM, kata laporan itu, seraya menambahkan bahwa Honduras memiliki jumlah pembunuhan per kapita tertinggi pada tahun 2023.

Cek Artikel:  Mpox di Afrika Nyaris Lelah 30 Ribu Kasus Sepanjang 2024

Baca juga : Luhut Pandjaitan: ISF 2024 Ajang untuk Bentukkan Transisi Kekuatan Dunia

Selain serangan mematikan, laporan itu menyoroti tindakan lain yang diambil terhadap para pembela lingkungan dan tanah.

Laporan itu juga mengemukakan tentang penghilangan paksa dan penculikan, taktik yang digunakan di Filipina dan Meksiko khususnya. Kriminalisasi aktivis adalah taktik lain yang digunakan untuk membungkam mereka, di seluruh dunia, katanya.

“Kami menghadapi kesulitan untuk kembali ke rumah dan komunitas kami. Kami masih mengalami pengawasan dan intimidasi,” kata Jonila Castro, seorang aktivis Filipina yang diculik oleh militer Filipina pada 2023 dan saat ini menghadapi kriminalisasi, kata laporan itu.

Baca juga : Pendidikan Menjadi Upaya Pemberdayaan Masyarakat Atasi Krisis Lingkungan

Cek Artikel:  Babak Baru Kebiadaban Netanyahu di Gaza

Di Afrika, Dunia Witness mencatat empat kematian tetapi memperingatkan angka itu kemungkinan “sangat tidak akurat” karena kesulitan dalam mengumpulkan informasi.

Sementara terkait situasi di Inggris dan AS, laporan itu merujuk pada undang-undang di kedua negara tersebut yang mengizinkan hukuman yang lebih berat bagi pengunjuk rasa dan aktivis yang menghadapi “tingkat pengawasan yang sangat ketat” di Uni Eropa.

Di Inggris, laporan itu menyoroti kasus aktivis David Nixon, yang menjalani hukuman empat minggu penjara setelah menentang perintah hakim yang melarangnya menggunakan perubahan iklim sebagai pembelaan.

Dunia Witness mendesak pemerintah di seluruh dunia untuk mengambil langkah tegas dalam melindungi para pembela tanah.

“Aktivis dan komunitas mereka sangat penting dalam upaya untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh industri yang merusak iklim,” kata penulis utama laporan, Laura Furones. (DW/France24/D-3)

 

 

Mungkin Anda Menyukai