Tim Jusuf Kalla, Juha Christensen, Disebut Fasilitasi Pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens

Tim Jusuf Kalla, Juha Christensen, Disebut Fasilitasi Pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens
Tim mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Juha Christensen, di tengah-tengah Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM)(tim media Jusuf Kalla)

Tim mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Juha Christensen, disebut-sebut terlibat dalam pembebasan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens.

Baca juga: Pilot Susi Air Formal Diserahkan Kepada Pemerintah Selandia Baru

Berdasarkan keterangan sumber Media Indonesia, Juha adalah tim dari Jusuf Kalla untuk urusan perdamaian dan kemanusiaan.

Baca juga : Pilot Susi Air Formal Diserahkan Kepada Pemerintah Selandia BaruProses pembebasan pilot sussi air

Baca juga: Kesehatan Mental Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Diharapkan Konsisten Usai Bebas

Sumber itu menambahkan, Christensen juga yang masuk untuk untuk bernegosiasi dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk pembebasan Philip.

Baca juga: Susi Pudjiastuti Apresiasi Seluruh Pihak dalam Pembebasan Pilot Susi Air

Cek Artikel:  Penambahan Undang-Undang bukan Solusi bagi Persoalan Bangsa

Baca juga : Keluarga akan Sambut Kapten Philip Mark Mehrten di Jakarta

Juha Christensen sudah menjadi fasilitator sejumlah perdamaian di Indonesia. Seperti, memfasilitasi perundingan perdamaian antara pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Helsinki, 2005.

Baca juga: Ini Sosok Philip Mark Mehrtens, Pilot Susi Air yang Bebas Setelah Disandera Selama Lebih dari 1,5 Mengertin

Dan pada 18 Agustus 2006, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sejumlah penghargaan kepada empat pejabat asing yang berjasa dalam pelaksanaan perdamaian antara Indonesia dan GAM.

Baca juga : Pilot Susi Air Kapten Phillip Mark telah Dibawa ke Jakarta dengan Pesawat TNI AU

Empat warga negara asing itu ialah mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisaari yang meraih penghargaan Bintang Republik Indonesia Primer. Selain itu, Bintang Jasa Primer kepada Pieter Feith dari Belanda dan Wakil Ketua AMM Letnan Jenderal Nipat Thongklek dari Thailand, lalu Juha Christensen dari Finlandia mendapat Bintang Jasa Pratama.

Cek Artikel:  Peran Maruf Amin Dibutuhkan Jembatani Polemik PKB dan PBNU

Baca juga: Peraih Nobel Perdamaian Martti Ahtisaari Tutup Usia, Ini Profilnya

Philip Mark Mehrtens merupakan pilot berkewarganegaraan Selandia Baru yang disandera oleh Grup Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023.

Baca juga : Kapten Philip Mark Mehrtens Dibawa ke Jakarta dengan Pesawat TNI AU

Proses pembebasan pilot sussi air

Philip akhirnya dibebaskan pada Sabtu, (21/9) dan dijemput oleh tim Satgas Operasi Damai Cartenz di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Setelah itu, Satgas menerbangkan Philip ke Timika untuk proses cek kesehatan. Setelah dinyatakan sehat, Philip diterbangkan dari Timika menuju ke Jakarta dengan menggunakan pesawat terbang milik TNI AU.

Philip telah diserahkan Pemerintah RI yang diwakili oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto kepada Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett yang mewakili Pemerintah Selandia Baru. (X-7)

Cek Artikel:  Rekam Jejak Hakim Ansori dan Tantangan di Sidang PK Mardani H Maming

 

Mungkin Anda Menyukai