4 Tips Merawat Kaki agar Sehat dan Kuat saat Beraktivitas

4 Tips Merawat Kaki agar Sehat dan Kuat saat Beraktivitas
Ilustrasi, berikut tips untuk merawat kaki(freepik)

MELAKUKAN perawatan kaki secara rutin bukan hanya membuatnya sehat saja, namun dapat menambah kecantikan baik dari bentuk maupun penampilan.

Tentu saja setelah memiliki kaki yang sehat dan mulus, kalian pun menjadi lebih percaya diri untuk menjalani aktivitas, terutama kaum hawa.

Meskipun seringkali terabaikan, kaki kita sebenarnya adalah fondasi dari seluruh tubuh. 

Baca juga : Kondusif dan Mudah, Ini 5 Tips Merawat Regulator Gas di Rumah

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa 70% orang mengalami keluhan kaki setidaknya sekali dalam setahun, namun hanya sedikit yang menyadari pentingnya merawat kaki secara rutin. 

Dalam artikel terbaru yang dipublikasikan oleh The Guardian, Phil Daoust mengungkapkan betapa pentingnya perhatian terhadap kesehatan kaki.

Seorang penulis berusia 61 tahun baru-baru ini menyadari hal ini setelah mencoba perawatan pedicure untuk pertama kalinya. 

Baca juga : Ini 7 Rahasia Buat Rambut Jadi Tebal dan Berkilau

Pengalaman tersebut membuka matanya mengenai pentingnya merawat kaki, tidak hanya untuk penampilan tetapi juga untuk kesehatan secara keseluruhan.

Cek Artikel:  Kiat Mengembangkan Usaha Fesyen Iuran pertanggunganum ala Artkea

Menurut ahli, Peter Attia mengungkapkan bahwa kaki ibarat akar pohon yang menopang seluruh tubuh kita

Selain itu, kaki juga berfungsi sebagai penyalur tenaga untuk berbagai aktivitas, mulai dari mengangkat beban hingga berdiri menunggu bus. 

Baca juga : Pengurus Rumah Susun Khawatir PPN pada IPL Tambah Beban Masyarakat

“Kaki adalah fondasi bagi setiap gerakan tubuh kita,” katanya. 

Sementara itu, Personal Trainer, Asha Melanie menambahkan bahwa kaki berperan penting dalam menjaga keseimbangan dan menghubungkan tubuh dengan lingkungan sekitar. 

“Kaki adalah titik umpan balik bagi otak untuk mengetahui posisi tubuh di lingkungan,” ujarnya.

Baca juga : Orangtua Diingatkan Pilih Produk Perawatan Anak yang Alami

Kondisi kaki yang buruk dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Bayangkan kaki sebagai fondasi sebuah bangunan. 

Kalau fondasinya retak, maka seluruh bangunan akan terpengaruh. Begitu pula dengan tubuh kita, kaki yang tidak sehat dapat menyebabkan masalah postur tubuh, nyeri punggung, hingga meningkatkan risiko cedera.

Cek Artikel:  Cermatkan Mengunyah 40 Kali Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan Berikut Faktanya

Manfaat Merawat Kaki

Merawat kaki tidak hanya membuat kita lebih nyaman dalam beraktivitas sehari-hari, tetapi juga dapat berkontribusi pada kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. 

Perawatan kaki yang rutin dapat membantu mencegah kondisi kesehatan kaki yang umum seperti kaki datar, bunion, atau infeksi jamur kuku.

1. Berjalan Tanpa Alas Kaki 

Buat tips yang pertama, disarankan agar kita sering berjalan tanpa alas kaki di rumah untuk memperkuat otot-otot kaki dan meningkatkan fleksibilitas.

Hal ini membantu kaki merasakan kontak langsung dengan tanah, yang penting untuk kesehatan kaki.

2. Pilih Sepatu yang Cocok 

Selanjutnya. gunakan sepatu yang ringan, fleksibel, dan memberikan ruang yang cukup bagi jari-jari kaki untuk bergerak.

Hindari sepatu dengan sol tebal dan empuk yang bisa membatasi pergerakan kaki.

3. Latihan Kaki 

Melakukan latihan sederhana seperti melebarkan jari kaki (splay toe) dan “ankle cars” (rotasi terkontrol pergelangan kaki) dapat meningkatkan kekuatan dan mobilitas kaki.

Cek Artikel:  Spesialis Waris Kader Dasawisma PKK Terima Santunan JKM Rp42 Juta

Bagi mereka yang mengalami kelemahan pada jari kaki besar, direkomendasikan untuk latihan penguatan dengan mengangkat jari kaki besar menggunakan jari telunjuk dan tengah.

4. Perawatan Kuku 

Selain merawat kulit kaki, perawatan kuku juga penting. Potong kuku dengan benar dan hindari kebiasaan yang dapat menyebabkan masalah seperti kuku tumbuh ke dalam. Jaga kebersihan kuku untuk mencegah infeksi.

Kalau kaki terasa lelah setelah berolahraga, disarankan untuk melakukan pijatan menggunakan bola pijat kecil untuk meredakan nyeri otot. 

“Ini adalah barang yang wajib saya bawa saat liburan,” kata Skinner, yang juga menyarankan untuk menggunakan bola pijat pada area lain seperti bahu, glutes, dan hamstring.

Dengan langkah-langkah sederhana ini, kita dapat menjaga kesehatan kaki, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada umur panjang dan kualitas hidup yang lebih baik. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai