Wamendag Pede Negosiasi Indonesia-EU CEPA Selesai Sebelum Pemerintahan Jokowi Berakhir

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Foto: Berkas Kementerian Perdagangan

Wamendag Pede Negosiasi Indonesia-EU CEPA Selesai Sebelum Pemerintahan Jokowi Berakhir

 

Brussels: Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga optimistis negosiasi Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement/IEU-CEPA) segera selesai.

 

“Pemerintah Indonesia optimistis negosiasi IEU-CEPA dapat segera selesai. Komitmen kedua belah pihak memperlihatkan adanya kemajuan yang signifikan dari perundingan tersebut,” kata Jerry saat melakukan wawancara dengan Bloomberg di sela-sela kunjungan kerja ke Brussels, Belgia, dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 30 September 2024.

Jerry menerangkan, sebagian besar permasalahan dalam pembahasan seperti, penanganan pada pengadaan pemerintah, perusahaan atau badan usaha milik negara, dan aturan-aturan lain telah berhasil diselesaikan. Tetapi, beberapa topik yang terkait bea ekspor, perizinan impor, bahan baku, dan elektronik masih dibahas lebih lanjut.

Cek Artikel:  Diskon Tiket KAI Pascalibur Per 13 Juli, Ini Rutenya

“Kami berharap IEU-CEPA akan selesai sesuai target Presiden Joko Widodo yaitu pada akhir Oktober, sebelum pelantikan pemerintahan yang baru,” ucap Jerry.
 


Ilustrasi. Foto: Berkas Kemenkeu

 

Uni Eropa mitra dagang utama Indonesia

 

Uni Eropa merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia. Pada 2023, total perdagangan keduanya tercatat sebesar USD30,8 miliar.

 

Pada periode tersebut, ekspor Indonesia ke Uni Eropa tercatat sebesar USD16,7 miliar, sedangkan impor Indonesia dari Uni Eropa sebesar USD14,1 miliar.

 

Pada 2023, produk ekspor andalan Indonesia ke Uni Eropa di antaranya minyak kelapa sawit dan fraksinya, bijih tembaga dan konsentratnya, asam lemak monokarboksilat industri, alas kaki, serta residu minyak padat dari ekstraksi saturan.

Cek Artikel:  PLN UID Jatim Siagakan Pengamanan Berlapis Pasokan Listrik Gelaran Piala AFF U-19 2024

Sementara impor utama Indonesia dari Uni Eropa meliputi mobil dan kendaraan bermotor untuk penumpang, obat-obatan, kendaraan bermotor untuk angkutan barang, mesin pembuat bubur kertas, serta pipa dari besi.

Mungkin Anda Menyukai