Upaya Mendorong Pusingkatan Kualitas Pariwisata Nasional Harus Konsisten Dilakukan

Upaya Mendorong Peningkatan Kualitas Pariwisata Nasional Harus Konsisten Dilakukan
Foto udara pengunjung bermain air di Pantai Ungapan di sekitar Jalur Lintas Selatan, Malang, Jawa Timur, Minggu (22/9/2024).(Antara/Muhammad Mada)

KEBIJAKAN yang mendukung berkelanjutan dan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat harus konsisten diwujudkan demi memperkuat upaya mendorong kemajuan sektor pariwisata nasional. 

“Berbagai upaya untuk mendorong sektor pariwisata merealisasikan visi keberlanjutan dan peningkatan ekonomi masyarakat harus konsisten dilakukan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/9). 

Laporan World Economic Perhimpunan (WEF) terkait Travel and Tourism Development Index (TTDI) 2024 melaporkan bahwa Indonesia mencatat kenaikan skor dan berhasil merangsek ke peringkat ke-22 dunia atau naik 10 peringkat dari edisi sebelumnya di 2021 dan catat kenaikan total 20 peringkat sejak TTDI 2019.

Baca juga : Dorong Pertumbuhan Sektor Pariwisata untuk Bentukkan Lapangan Kerja bagi Masyarakat

Cek Artikel:  Pemerintah Niscayakan Dukung Kebijakan Pemangkasan BI Rate

Secara rinci laporan itu menyebutkan, Indonesia memperoleh skor paling tinggi pada dimensi kebijakan dan kondisi pendukung pariwisata yang meninjau aspek-aspek berupa prioritas, keterbukaan, dan daya saing harga.

Pada dimensi penilaian itu, Indonesia mencatat skor tertinggi ke-4 secara global. Skor tinggi juga diperoleh Indonesia dalam hal penerapan keberlanjutan pariwisata. Pada penilaian segmen ini Indonesia menempati posisi ke-7 dari 119 negara. 

Berdasarkan penilaian tersebut, Lestari mendorong pada sejumlah hal yang sudah baik dalam proses pengembangan pariwisata dapat terus dijaga konsistensinya sehingga upaya untuk meningkatkan pengembangan sektor pariwisata nasional dapat diwujudkan. 

Baca juga : Konsep Wisata Regeneratif Harus Dikembangkan demi Pariwisata yang Berkelanjutan

Kebijakan yang mendukung pengembangan sektor pariwisata di sejumlah daerah, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, harus mampu diupayakan melalui kolaborasi yang baik antara para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah. 

Cek Artikel:  Sentul Tetap Menjadi Lelahsi yang Strategis untuk Sektor Perumahan

Penilaian yang baik dari pihak luar, jelas Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah, merupakan salah satu peluang bagi sektor pariwisata nasional untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. 

Sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang mampu menjawab tantangan dalam pengembangan sektor pariwisata, tegas Rerie, harus segera dipersiapkan dengan baik. 

Jangan sampai, tambah Personil Majelis Tinggi Partai NasDem itu, kita terlambat mengantisipasi perkembangan sektor pariwisata global yang cepat dengan sejumlah standar yang harus dipenuhi. 

Rerie sangat berharap semua pihak mampu bersama-sama mewujudkan pengembangan pariwisata nasional yang lebih baik sebagai bagian upaya mengantisipasi perkembangan pasar wisata global yang demikian cepat. (Z-2)

Cek Artikel:  ADB Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI Kukuh di 5%

Mungkin Anda Menyukai