Pilihan Kontrasepsi Kondusif untuk Ibu Menyusui Pengaruhtif Tanpa Mengganggu ASI

Pilihan Kontrasepsi Aman untuk Ibu Menyusui: Efektif Tanpa Mengganggu ASI
Bingung memilih alat kontrasepsi saat menjadi ibu menyusui? Ini pilihan yang aman.(freepik)

KONTRASEPSI bagi perempuan yang sedang menyusui penting di seluruh dunia. Menunda kehamilan berikutnya akan meningkatkan kesehatan perempuan dan anak-anak. 

Taatp tahun, jutaan perempuan memutuskan apakah akan menggunakan kontrasepsi setelah melahirkan. Keputusan tersebut mencakup jenis kontrasepsi dan kapan mulai menggunakannya. 

Salah satu kelemahan terbesar penggunaan alat kontrasepsi saat menyusui adalah berkurangnya produksi ASI. Berkurangnya pasokan ASI dapat menyebabkan sejumlah masalah pada bayi baru lahir Anda, yaitu penurunan berat badan, dehidrasi, penurunan pergerakan usus, lebih sedikit popok basah

Baca juga : 5 Mitos dan Fakta Seputar Alat Kontrasepsi

Dillansir dari Verywell health dan toplinemd, berikut rekomendasi alat kontrasepsi yang bisa digunakan untuk ibu yang sedang menyusui dan tidak mengganggu ASI.

1. Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)

Alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) adalah bentuk kontrasepsi yang paling efektif. Alat kontrasepsi ini dapat berupa hormon atau nonhormonal. Keduanya memerlukan resep dokter.

IUD adalah alat berbentuk T yang terbuat dari plastik yang dimasukkan ke dalam rahim untuk mencegah pembuahan. Salah satu versi hormonal dari IUD adalah Mirena, yang mengandung progestin. Alat ini memberikan perlindungan selama tujuh tahun. Alat ini bekerja secara lokal, melepaskan sejumlah kecil hormon langsung ke dalam rahim. Alat ini tidak memengaruhi kualitas atau kuantitas ASI. IUD hormonal lainnya termasuk Skyla, Liletta, dan Kyleena.

Cek Artikel:  Paket Sokongan Makanan dari Indonesia untuk Rakyat Gaza Maju Mengalir

Baca juga : Mengenal Jenis-Jenis Kontrasepsi: Pilihan, Kelebihan, dan Kekurangannya

Hanya ada satu IUD nonhormonal yang tersedia, yaitu Paragard. IUD ini terbuat dari tembaga dan tidak memengaruhi kualitas atau kuantitas ASI. IUD ini aman dan efektif selama 10 tahun.

2. Pil Progestogen Saja

Anda dapat minum pil progestogen saja (POP), juga disebut pil mini, jika Anda menyusui, dan itu tidak akan mempengaruhi suplai ASI Anda. Sejumlah kecil hormon progestogen akan masuk ke dalam ASI Anda, tetapi belum terbukti mempengaruhi bayi Anda atau bagaimana ASI Anda diproduksi .

Anda dapat mulai meminumnya kapan saja setelah melahirkan, meskipun jika Anda memulainya lebih dari 21 hari setelah melahirkan, Anda perlu menggunakan kontrasepsi tambahan selama dua hari pertama, jika Anda berhubungan seks selama waktu ini.

Baca juga : Apa Itu Hari Kontrasepsi Sedunia? Maksud, Tujuan, dan Sejarahnya

Kalau Anda meminumnya dengan sempurna, pil progestogen saja lebih dari 99 persen efektif . Anda harus meminumnya pada waktu yang sama setiap hari, yang bisa jadi sulit jika Anda sibuk mengurus bayi baru. Dalam penggunaan yang umum, pil ini sekitar 91% efektif.

Cek Artikel:  Festival Budaya Panji Gelar Pameran, Percakapan Tematik dan Penampilan 10 Karya

3. Suntikan 

Suntikan ini berlangsung selama 8-13 minggu. Mereka mengandung hormon progestogen. Suntikan kontrasepsi antara 94% dan 99% efektif. Anda dapat menerima suntikan jika Anda menyusui. Sejumlah kecil progestogen akan mencapai bayi Anda, tetapi tidak akan membahayakan bayi Anda.

Anda dapat menerima suntikan kapan saja setelah melahirkan. Tetapi, jika Anda menyusui, Anda mungkin disarankan untuk menunggu enam minggu. Itu karena Anda lebih mungkin mengalami pendarahan berat dan tidak teratur jika Anda memulainya segera setelah melahirkan. 

Baca juga : Kepala BKKBN Anjurkan Ibu Menyusui tetap Guna KB

Kalau Anda mulai menerima suntikan kontrasepsi 21 hari atau lebih setelah kelahiran bayi Anda, Anda perlu menggunakan bentuk kontrasepsi lain, seperti kondom, selama tujuh hari berikutnya, jika Anda berhubungan seks selama waktu ini.

4. Implan

Implan kontrasepsi, seperti Nexplanon, dapat berupa progestin saja dan dimasukkan ke lengan atas pasien. Ini dilakukan di kantor dokter Anda. Kalau Anda bertanya-tanya apakah Anda dapat menyusui dengan implan, perlu diketahui  metode ini dianggap sebagai salah satu pilihan kontrasepsi yang paling efektif bagi perempuan yang sedang menyusui. Ini efektif selama tiga tahun dan dapat dimasukkan tepat setelah bayi lahir. 

Cek Artikel:  Sejarah dan Penemuan di Lembah Boszhira, Dasar Laut Purba yang sudah Mengering

5. Kondom

Kondom selalu menjadi pilihan nonhormonal yang aman, terutama karena kondom tidak dapat memengaruhi ASI atau proses menyusui. Masalah dengan metode ini adalah kondom dapat mengiritasi vagina jika kering, tetapi Anda selalu dapat menggunakan pelumas. Perlu diingat juga pilihan ini tidak seaman kontrasepsi hormonal untuk kehamilan, tetapi kondom melindungi Anda dari IMS dan PMS.

6. Sterilisasi 

Sterilisasi adalah pendekatan bedah yang dianggap sebagai metode kontrasepsi permanen. Hal ini lebih dikenal sebagai “mengikat tuba”, dan satu-satunya efek negatif yang dapat ditimbulkannya pada pemberian ASI adalah terkait dengan anestesi umum yang dapat digunakan selama prosedur. Begitu Anda mengikat tuba, hasilnya tidak dapat dikembalikan, jadi Anda harus benar-benar yakin bahwa Anda tidak ingin memiliki anak lagi. (Z-3)

Mungkin Anda Menyukai