Jenis-Jenis Kontrasepsi Hormonal dan Metode Kerjanya dalam Mencegah Kehamilan

Jenis-Jenis Kontrasepsi Hormonal dan Cara Kerjanya dalam Mencegah Kehamilan
Ilustrasi – Kontrasepsi hormonal adalah metode yang menggunakan hormon estrogen dan/atau progesteron untuk mencegah kehamilan.(freepik)

KONTRASEPSI hormonal adalah kontrasepsi yang menggunakan hormon untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi hormonal mengandung estrogen dan progesteron, atau hanya progesteron. 

Alat ini mencegah kehamilan dengan menghalangi pelepasan sel telur dari ovarium, menipiskan lapisan rahim, atau mengentalkan lendir di serviks untuk membantu mencegah sperma mencapai sel telur. Kontrasepsi hormonal dapat diminum, disuntikkan atau dimasukkan ke bawah kulit, ditempelkan pada kulit sebagai plester, atau dimasukkan ke dalam vagina atau rahim.

Jenis kontrasepsi yang termasuk dalam kontrasepsi hormonal

1. Pil kombinasi

Pil kontrasepsi oral kombinasi, sering disebut pil kombinasi atau hanya ‘pil’, adalah tablet yang mengandung dua hormon estrogen dan progestogen untuk mencegah kehamilan. Pil kombinasi termasuk dalam kategori alat kontrasepsi yang disebut kontrasepsi jangka pendek. 

Baca juga : Yuk Kenali Pil Kotransepsi Darurat: Bilaman Waktu yang tepat Digunakan dan Metode Menggunakannya

Alat kontrasepsi jangka pendek perlu diminum secara rutin, baik setiap kali berhubungan seks, setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan. Hormon-hormon yang terkandung di dalamnya dilepaskan ke dalam aliran darah dan mencegah kehamilan dengan cara menghentikan ovarium melepaskan sel telur dan mengentalkan lendir serviks, yang menghalangi sperma mencapai sel telur.

Biasanya, pil KB memiliki efektivitas 91%. Ini berarti sekitar 9 dari 100 orang yang menggunakan pil KB kombinasi akan hamil dalam setahun. Apabila digunakan dengan benar, pil KB memiliki efektivitas lebih dari 99%. Kurang dari 1 dari 100 orang akan hamil dalam setahun jika menggunakan pil KB kombinasi dengan benar.

Cek Artikel:  Kemendikbud-Ristek Tegaskan Anggaran Pahamn Depan Bukan Cukup untuk Lanjutkan Program

2. Pil progestogen

Pil progestogen saja (POP), sering disebut pil mini, adalah tablet yang mengandung hormon progestogen untuk membantu mencegah kehamilan. Pil ini perlu diminum secara rutin baik setiap kali berhubungan seks, setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan, tergantung jenisnya. Pil progestogen mengandung hormon progesteron. 

Baca juga : Ketahui Bilaman Alat Kontrasepsi Digunakan? 

Demi Anda mengonsumsi pil tersebut, progestogen dilepaskan ke dalam aliran darah dan mencegah kehamilan dengan cara mengentalkan lendir serviks, yang menghentikan sperma mencapai sel telur dan menghentikan ovarium melepaskan sel telur.

Bila diminum dengan benar, pil progestogen merupakan metode kontrasepsi yang sangat efektif. Akan tetapi, kemampuannya untuk mencegah kehamilan sangat bergantung pada orang yang menggunakannya dengan benar. Lupa minum pil atau mengalami muntah atau diare dapat membuat pil kurang efektif.

Pil progestogen efektif 91% dengan ‘penggunaan umum’ yang berarti 9 dari 100 orang yang menggunakan metode ini selama satu tahun akan hamil. Dengan penggunaan yang sempurna, pil ini lebih dari 99% efektif. Kurang dari 1 dari 100 orang akan hamil dalam setahun jika menggunakan pil progestogen saja dengan benar.

Baca juga : Pilihan Kontrasepsi Terjamin untuk Ibu Menyusui: Pengaruhtif Tanpa Mengganggu ASI

Cek Artikel:  Apa Itu Fenomena Supermoon Berikut Penjelasan dan Penyebab Terjadinya

3. Cincin vagina

Cincin vagina adalah cincin plastik kecil dan lembut yang dipasang di dalam vagina. Cincin ini melepaskan dua hormon, estrogen dan progestogen ke dalam aliran darah untuk mencegah kehamilan. Setelah dimasukkan ke dalam vagina, cincin kontrasepsi perlahan-lahan melepaskan hormon progestogen dan estrogen ke dalam tubuh Anda dan mencegah kehamilan dengan dua cara menghentikan ovarium melepaskan sel telur (ovulasi) dan mengentalkan lendir serviks, yang menghalangi sperma mencapai sel telur.

Cincin ini 91% efektif dalam mencegah kehamilan dengan penggunaan yang biasa, tetapi dapat lebih dari 99% efektif jika digunakan dengan benar (penggunaan yang sempurna). Memasang cincin dengan tidak benar, lupa mengganti atau memasang cincin baru tepat waktu, cincin putus atau cincin terlepas dapat membuat metode kontrasepsi ini kurang efektif.

4. Koyo kontrasepsi

Plester kontrasepsi adalah plester tipis berwarna krem berbentuk persegi yang menempel pada kulit seperti plester. Ukurannya hampir 5 cm x 5 cm. Plester ini mengandung dua jenis hormon, progestogen dan estrogen. Hormon ini mirip dengan hormon alami yang diproduksi oleh ovarium dan sama seperti yang digunakan dalam pil kombinasi. 

Baca juga : 5 Mitos dan Fakta Seputar Alat Kontrasepsi

Plester kontrasepsi ditempelkan pada kulit seperti plester dan mencegah kehamilan dengan melepaskan dua hormon ke dalam aliran darah Anda estrogen dan progesteron.

Cek Artikel:  Metode Menghitung Rumus Volume Tabung, Berikut Teladan Soalnya

Plester kontrasepsi bekerja mirip dengan pil kombinasi. Setelah dioleskan ke kulit, plester tersebut melepaskan dosis hormon harian melalui kulit ke dalam aliran darah. Setelah masuk ke aliran darah, hormon bekerja dengan dua cara menghentikan ovarium melepaskan sel telur (ovulasi) dan mengentalkan lendir serviks sehingga mempersulit sperma bergerak melalui serviks dan masuk ke uterus (rahim).

Plester ini 91% efektif jika digunakan secara umum, artinya 9 dari 100 perempuan yang menggunakan metode ini selama satu tahun akan hamil. Apabila digunakan dengan sempurna, efektivitasnya bisa mencapai lebih dari 99%. Lupa mengganti plester tepat waktu dapat membuat metode ini kurang efektif.

5. Suntik KB

Suntik KB dilakukan dengan menyuntikkan cairan yang mengandung hormon progestin ke dalam tubuh. Progestin dapat menghentikan terjadinya kehamilan dengan mencegah ovulasi. Jadi, ketika tidak ada sel telur di dalam rahim, kehamilan tidak bisa terjadi. Sama seperti Pil KB, ini juga bekerja dengan membuat lendir serviks menjadi lebih kental.

Ketika lendir di leher rahim lebih tebal, sperma tidak bisa melewatinya. Dan ketika sperma dan sel telur tidak bisa bersatu, kehamilan tidak bisa terjadi. Dibandingkan pil KB, suntik KB lebih praktis karena tidak dilakukan setiap hari, sebab setiap suntikan dari alat kontrasepsi ini bisa bertahan selama 8-13 minggu. (women’s health matters/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai