Mengenal Kontrasepsi Jangka Pendek Metode Hormonal dan Penghalang untuk Mencegah Kehamilan

Mengenal Kontrasepsi Jangka Pendek: Metode Hormonal dan Penghalang untuk Mencegah Kehamilan
Kontrasepsi jangka pendek merupakan metode pencegahan kehamilan yang berlaku dalam durasi waktu terbatas dan memerlukan penggunaan rutin. (freepik)

KONTRASEPSI jangka pendek adalah Istilah yang diberikan kepada sekelompok metode kontrasepsi yang mencegah kehamilan untuk jangka waktu pendek. Alat tersebut efektif dalam mencegah kehamilan, tetapi bergantung pada pengguna yang menggunakannya dengan sempurna agar dapat berfungsi.

Dikutip dari women’s health matters, pilihan alat kontrasepsi jangka pendek dapat dibagi menjadi 2 subkategori, yaitu metode hormonal kerja pendek dan metode penghalang.

Metode hormonal kerja pendek

Merupakan alat kontrasepsi jangka pendek yang menggunakan hormon untuk mencegah kehamilan. Berikut beberapa contoh kontrasepsi jangka pendek yang termasuk dalam kategori metode hormonal kerja pendek.

Baca juga : Jenis-Jenis Kontrasepsi Hormonal dan Langkah Kerjanya dalam Mencegah Kehamilan

Pil kombinasi

Pil kontrasepsi oral kombinasi, sering disebut pil kombinasi atau hanya ‘pil’, adalah tablet yang mengandung dua hormon estrogen dan progestogen untuk mencegah kehamilan. Pil kombinasi termasuk dalam kategori alat kontrasepsi yang disebut kontrasepsi jangka pendek. Alat kontrasepsi jangka pendek perlu diminum secara rutin, baik setiap kali berhubungan seks, setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan. 

Pil progestogen

Pil progestogen saja (POP), sering disebut pil mini, adalah tablet yang mengandung hormon progestogen untuk membantu mencegah kehamilan. Pil ini perlu diminum secara rutin baik setiap kali berhubungan seks, setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan, tergantung jenisnya. 

Pil progestogen mengandung hormon progesteron. Demi Anda mengonsumsi pil tersebut, progestogen dilepaskan ke dalam aliran darah dan mencegah kehamilan dengan cara mengentalkan lendir serviks, yang menghentikan sperma mencapai sel telur dan menghentikan ovarium melepaskan sel telur.

Cek Artikel:  Bahaya Autoimun pada Anak Ketahui Gejala dan Metode Penanganan.

Baca juga : Yuk Kenali Pil Kotransepsi Darurat: Ketika Waktu yang tepat Digunakan dan Langkah Menggunakannya

Cincin vagina

Cincin vagina adalah cincin plastik kecil dan lembut yang dipasang di dalam vagina. Cincin ini melepaskan dua hormon, estrogen dan progestogen ke dalam aliran darah untuk mencegah kehamilan. Setelah dimasukkan ke dalam vagina, cincin kontrasepsi perlahan-lahan melepaskan hormon progestogen dan estrogen ke dalam tubuh Anda dan mencegah kehamilan dengan dua cara menghentikan ovarium melepaskan sel telur (ovulasi) dan mengentalkan lendir serviks, yang menghalangi sperma mencapai sel telur.

Koyo kontrasepsi

Plester kontrasepsi adalah plester tipis berwarna krem berbentuk persegi yang menempel pada kulit seperti plester. Ukurannya hampir 5 cm x 5 cm. Plester ini mengandung dua jenis hormon, progestogen dan estrogen. Plester kontrasepsi ditempelkan pada kulit seperti plester dan mencegah kehamilan dengan melepaskan dua hormon ke dalam aliran darah Anda estrogen dan progesteron.

Metode penghalang 

Metode penghalang adalah jenis kontrasepsi yang menempatkan penghalang antara penis dan vagina untuk mencegah sperma mencapai sel telur. Berikut beberapa alat kontrasepsi yang termasuk dalam metode penghalang.

Baca juga : Ketahui Ketika Alat Kontrasepsi Digunakan? 

Kondom eksternal pria

Kondom eksternal adalah selubung lateks (karet) tipis, poliisoprena, poliuretan yang dikenakan pada penis yang ereksi saat berhubungan seksual.

Kondom eksternal, yang juga disebut kondom pria, menutupi penis yang sedang ereksi untuk mencegah sperma memasuki vagina saat ejakulasi. Ini adalah salah satu metode kontrasepsi yang paling banyak digunakan. Alat ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kehamilan, tetapi juga melindungi terhadap Infeksi Menular Seksual (IMS).

Cek Artikel:  9 Manfaat Jambu Air bagi Kesehatan, Pandai MenurunkanRisiko Penyakit Kanker

Kondom eksternal bekerja dengan cara menangkap sperma saat dikeluarkan dan menghentikannya memasuki vagina. Pada Ujung kondom memiliki reservoir yang menampung air mani dan mencegahnya memasuki vagina saat ejakulasi. Kondom ini juga bekerja untuk menghentikan sperma mencapai rahim dan membuahi sel telur.

Baca juga : Pilihan Kontrasepsi Kondusif untuk Ibu Menyusui: Dampaktif Tanpa Mengganggu ASI

Kondom eksternal memiliki efektivitas 82% jika digunakan secara umum, yang berarti bahwa 18 dari 100 wanita yang menggunakan metode ini akan hamil dalam satu tahun. Tetapi, jika digunakan dengan sempurna, efektivitasnya dapat mencapai 98%.

Kondom perempuan

Kondom internal terbuat dari plastik tipis dan kuat yang disebut poliuretan, atau zat yang disebut nitril. Kondom ini berbentuk tabung dengan cincin fleksibel di setiap ujungnya, satu ujung tertutup dan ujung lainnya terbuka. 

Ujung yang tertutup ditempatkan di dalam vagina, sedangkan ujung yang terbuka berada di luar vagina dan menutupi alat kelamin luar (vulva). Kondom perempuan lebih lebar daripada kondom eksternal (pria). Kondom ini tersedia dalam satu ukuran dan berukuran panjang 17 cm dan diameter terlebar 7,8 cm.

Kondom internal, kadang juga disebut kondom perempuan atau femidom, ditempatkan di dalam vagina untuk menangkap sperma dan menghentikannya memasuki vagina. Alat ini mencegah terjadinya kehamilan, tetapi juga melindungi terhadap Infeksi Menular Seksual (IMS). Kondom internal juga dapat digunakan di dalam anus.

Cek Artikel:  Keistimewaan dan Bahaya di Balik Hari Rabu

Kondom ini memiliki cara kerja Kondom internal menutupi bagian dalam vagina dan menampung air mani saat ejakulasi, mencegah sperma memasuki vagina, dan mencegah kehamilan dengan menghentikan sperma mencapai rahim dan membuahi sel telur.

Kondom internal memiliki efektivitas 79% jika digunakan secara umum, yang berarti 21 dari 100 wanita yang menggunakan metode ini akan hamil. Tetapi, jika digunakan dengan sempurna, efektivitasnya dapat mencapai 95%.

Diafragma 

Diafragma adalah cakram fleksibel berbentuk kubah yang ditempatkan di vagina sebelum berhubungan seks. Alat ini mencegah kehamilan dengan menghalangi jalan masuk serviks, sehingga sperma tidak dapat mencapai rahim (uterus) untuk membuahi sel telur. Diafragma memiliki bentuk kubah melingkar yang terbuat dari lateks (karet) atau silikon tipis dan lembut. Diafragma memiliki tepi fleksibel yang menahannya di tempatnya.

Diafragma kontrasepsi bekerja dengan dua cara untuk mencegah kehamilan, yaitu bertindak sebagai penghalang untuk menghentikan sperma memasuki rahim sehingga sel telur tidak dapat dibuahi dan Gel spermisida yang dioleskan pada akan membunuh sperma jika berhasil masuk ke bawah tepi diafragma.

Diafragma efektif sebesar 88% dengan penggunaan umum yang berarti bahwa sekitar 12 dari 100 perempuan akan hamil menggunakan metode ini setiap tahun. (Z-3)

Mungkin Anda Menyukai