Atasi Masalah Sampah, Pemkot Bandung Ajak Anggota Terlibat Program Bank Sampah

Atasi Masalah Sampah, Pemkot Bandung Ajak Warga Terlibat Program Bank Sampah
Anak-anak mengumpulkan sampah botol plastik untuk disetor ke bank sampah di Jakarta.(Antara)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat (Jabar) terus mendorong partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan melalui program bank sampah.

Program ini kini telah tersebar di berbagai wilayah di Kota Bandung yang siap melayani warga. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, Dudy Prayudi, Sabtu (28/9) mengatakan, program bank sampah ini tidak hanya bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah. Tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi warga yang menjadi nasabah.

Bagi warga yang tertarik untuk menjadi nasabah, Pemkot Bandung menyediakan akses informasi melalui bit.ly/BankSampahKotaBandung-Okt23, yang memungkinkan warga menemukan lokasi bank sampah di sekitar mereka dengan mudah.

Baca juga : 45% Air Tanah di Jakarta Terkontaminasi Bakteri Berbahaya

Cek Artikel:  BigSocial Memitigasi Kekerasan Seksual dengan Memanfaatkan AI

“Bank sampah merupakan langkah strategis dalam mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA). Dan menjadi solusi efektif untuk mengurangi jumlah sampah di Kota Bandung. Kami berharap, semakin banyak warga yang bergabung demi menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” jelas Dudy.

Menurut Dudy, warga yang bergabung dalam program ini dapat menukarkan sampah non-organik seperti plastik, kertas dan logam, dengan poin yang bisa ditukarkan dengan kebutuhan rumah tangga. 

“Selain itu, program ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap pentingnya pengelolaan sampah dan daur ulang,” tutur Dudy.

Dudy menambahkan, dengan adanya program ini, Pemkot Bandung berharap semakin banyak warga yang berpartisipasi dalam mengurangi volume sampah sehingga tercipta lingkungan yang lebih bersih, hijau, dan berkelanjutan.

Cek Artikel:  Karhutla Terjadi di 3 Daerah di Jawa Barat, Termasuk Depok

Sementara itu, Yuni, salah satu anggota bank sampah yang ada di Kelurahan Cisaranten, mengungkapkan banyak manfaat yang dirasakannya, sejak menjadi nasabah. Dengan ikut Bank Sampah, dirinya merasa lebih bertanggung jawab dalam mengelola sampah rumah tangga. “Selain membantu lingkungan, saya juga mendapatkan manfaat ekonomi,” ungkap Yuni. (AN/J-3)

Mungkin Anda Menyukai