Penelitian NASA Mengungkap Rahasia Pembentukan Pola Geologi Mars

Penelitian NASA Mengungkap Rahasia Pembentukan Formasi Geologi Mars
Pola geologi mirip laba-laba di Mars, yang dikenal sebagai araneiform terrain, baru-baru ini berhasil direplikasi oleh NASA di laboratorium. (NASA)

LABA-LABA Mars telah tiba di Bumi. Tapi jangan khawatir, bagi para pengidap arachnophobia — “laba-laba” ini bukanlah arachnid sebenarnya, melainkan formasi geologi mirip laba-laba di permukaan Mars. NASA baru saja mereplikasinya di laboratorium.

Para ilmuwan pertama kali menemukan fitur mirip laba-laba ini, atau yang dikenal sebagai araneiform terrain, di Mars pada 2003 saat mempelajari gambar dari satelit. Pola ini jauh lebih besar daripada laba-laba, dapat membentang lebih dari setengah mil (1 kilometer) dari ujung ke ujung, dan memiliki ratusan “kaki.”

Seperti banyak hal di Mars, ilmuwan awalnya tidak tahu bagaimana araneiform terrain terbentuk, tetapi teori utama menyebutkan hal ini mungkin berkaitan dengan es karbon dioksida. Teori ini baru-baru ini terbukti peneliti di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, yang telah menghabiskan waktu lima tahun untuk mencoba mereplikasi araneiform terrain.

Cek Artikel:  Tantangan Berat Astronaut NASA yang Terjebak di ISS

Baca juga : Bukti Reservoir Air Rendah Tanah Terungkap di Mars: Intervensi dari Misi InSight NASA

Dengan menggunakan ruang uji yang didinginkan dengan nitrogen cair di JPL yang disebut Dirty Under-vacuum Simulation Testbed for Icy Environments, atau DUSTIE, para peneliti menciptakan lingkungan simulasi Mars.

Setelah mengatur DUSTIE ke suhu dan tekanan udara yang sesuai dengan yang ditemukan di kutub Mars, mereka mendinginkan dan mengembunkan gas karbon dioksida menjadi es karbon dioksida dalam simulant tanah Mars. Kemudian, mereka memanaskan es tersebut hingga retak, melepaskan semburan gas karbon dioksida dan meninggalkan araneiform terrain. Apa yang terjadi selanjutnya mengejutkan mereka.

“Itu malam Jumat dan manajer laboratorium masuk setelah mendengar teriakan saya,” kata ilmuwan JPL Lauren McKeown dalam sebuah pernyataan. “Dia pikir ada kecelakaan.”

Cek Artikel:  Ilmuwan Kembangkan Sirkulasi Ulang Baterai Litium

Baca juga : Penemuan Meteorit Mars ALH84001: Wawasan Baru tentang Geologi dan Potensi Kehidupan di Mars

Proses di mana es karbon dioksida menciptakan retakan mirip laba-laba dalam eksperimen ini disebut model Kieffer. Selama musim dingin yang dingin, es karbon dioksida terbentuk di tanah Mars.

Kemudian di musim semi, sinar matahari memanaskan tanah es tersebut. Panas diserap oleh tanah, dan es yang menyentuh tanah ini melewati fase pencairan menjadi cair dan langsung “menghilang” menjadi gas karbon dioksida. Gas ini menumpuk dan akhirnya meletus keluar dari tanah, meninggalkan bekas mirip laba-laba di permukaan Mars.

Meskipun kita sekarang tahu bagaimana araneiform terrain bisa terbentuk, peneliti akan melanjutkan eksperimen mereka untuk menjawab pertanyaan lebih lanjut tentang formasi geologi Mars. Misalnya, araneiform terrain tidak ditemukan di seluruh Mars, jadi mereka ingin menyelidiki mengapa hal ini hanya terjadi di area tertentu. Jadi, untuk saat ini, mereka kembali ke DUSTIE. (Space/Z-3)

Cek Artikel:  Transformasi Digital Indonesia Melaju, DTI-CX 2024 Formal Dibuka di Jakarta

Mungkin Anda Menyukai