Pemerintahan Baru Harus Lanjutkan Transformasi Ekonomi

Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Jakarta: Agenda transformasi ekonomi dinilai perlu dilanjutkan oleh pemerintahan baru. Itu dimaksudkan agar perekonomian dalam negeri dapat mencapai angka pertumbuhan yang tinggi.
 
Transformasi tersebut beberapa di antaranya dapat dilakukan melalui perluasan hilirisasi industri dan komoditas potensial guna meningkatkan nilai tambah. Pusingkatan kualitas sumber daya manusia juga perlu dilakukan sejalan dengan peningkatan produktivitas tenaga kerja.
 
Selain itu, peningkatan infrastruktur konektivitas perlu terus dilakukan guna menekan biaya logistik dan menciptakan ekonomi yang efisien. Tak kalah penting, penciptaan iklim investasi yang kondusif melalui penyederhanaan regulasi dan perizinan juga dianggap keniscayaan.
 
Pandangan itu disampaikan oleh Member Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Puteri Anetta Komarudin, perihal catatan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo selama 10 tahun dan yang perlu dilakukan oleh pemerintahan baru.
 
Menurut Puteri, beragam hal tersebut dapat memperbaiki produktivitas perekonomian dalam negeri. Karenanya, pemerintahan baru mesti fokus dan memperhatikan sejumlah aspek itu.
 
“Pembangunan Ibu Kota Negara juga perlu dilanjutkan untuk mendorong pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, pengembangan pusat-pusat pertumbuhan seperti Kawasan Ekonomi Spesifik (KEK) juga perlu dioptimalkan guna menarik investasi dan menciptakan pusat perekonomian yang merata,” ujar Puteri kepada Media Indonesia, Kamis, 26 September 2024.

Cek Artikel:  Kadin Satgas Impor Ilegal Bisa Bantu Pulihkan Industri Manufaktur


(Ilustrasi hilirisasi. Foto: dok MIND ID)
 

Optimalkan ekonomi biru hingga digital

 
Di samping itu pemerintahan baru juga dirasa perlu mengoptimalkan sumber perekonomian yang berasal dari ekonomi biru, ekonomi hijau, ekonomi syariah, hingga ekonomi digital, yang dapat menjadi dorongan tambahan untuk menggerakkan roda perekonomian nasional.
 
Puteri mengatakan, penguatan sejumlah aspek ekonomi nasional menjadi penting. Itu guna mempertahankan dan mendorong kinerja ekonomi dalam 10 tahun terakhir yang relatif kuat dan solid meski tekanan eksternal begitu kuat.
 
Ulasan berbagai pihak atas kinerja ekonomi Indonesia cukup positif dalam satu dekade ini. Apresiasi bahkan ramai-ramai disampaikan banyak negara ketika Indonesia berhasil menangani perekonomian dengan baik saat dan setelah pandemi covid-19 merebak.
 
“Kontraksi ekonomi Indonesia tidak setajam negara lain, seperti Singapura, Amerika Perkumpulan, dan Uni Eropa. Bahkan ekonomi kita bisa segera bangkit dan cepat pulih kembali pascapandemi,” kata Puteri.
 
“Ini juga telah mendapat pengakuan internasional, misalnya dari Anggaran Moneter Global (IMF), yang menunjukkan keberhasilan Indonesia dalam menjaga perekonomian domestik,” tambah dia.
 

Cek Artikel:  Pertamina Klaim Harga Avturnya paling Kompetitif dan sesuai Aturan

 

Jokowi berhasil bangun fondasi perekonomian

 
Secara umum, tutur Puteri lebih lanjut, dalam 10 tahun terakhir, pemerintahan Presiden Joko Widodo dianggap berhasil membangun fondasi perekonomian yang kokoh. Itu merupakan capaian yang dapat memantik pencapaian visi Indonesia 2045 menjadi negara maju.
 
Selama Jokowi, sapaan karib Presiden Joko Widodo, menjadi Kepala Negara, Indonesia berhasil naik kelas menjadi negara berpendapatan menengah atas (upper middle income).
 
“Ini tidak terlepas dari kinerja ekonomi kita yang tetap resilien dan tangguh. Serta didukung stabilitas moneter yang relatif terkendali tercermin dari inflasi yang rendah dan nilai tukar rupiah yang tetap terjaga,” urai Puteri.
 
Dia juga sepakat jika kinerja ekonomi 10 tahun ke belakang berkualitas. Alasan, rasio angka kemiskinan menukik dari 11,25 persen di 2014 menjadi 9,03 persen pada 2024. Ketimpangan juga menipis, dilihat dari rasio gini yang tercatat 0,379 pada Maret 2024, sekaligus terendah dalam satu dasawarsa terakhir.
 
“Ini menunjukkan ekonomi kita tidak hanya tumbuh tinggi, tetapi juga tumbuh dengan inklusif dan merata, sehingga menurunkan ketimpangan dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Puteri.

Cek Artikel:  AGII Susun Peta Jalan Hidrogen untuk Dukung Sasaran NZE di 2050

Mungkin Anda Menyukai