Rover Yutu 2 Tiongkok Tetap Aktif di Sisi Jauh Bulan Setelah Enam Mengertin Pendaratan

Rover Yutu 2 Tiongkok Masih Aktif di Sisi Jauh Bulan Setelah Enam Tahun Pendaratan
Rover bulan Tiongkok, Yutu 2, tetap aktif di sisi jauh bulan hampir enam tahun setelah pendaratan pertamanya pada Januari 2019. (CNSA)

ROVER bulan Tiongkok, Yutu 2, masih aktif di sisi jauh bulan hampir enam tahun setelah pendaratan bersejarahnya.

Awal tahun ini, Tiongkok berhasil menyelesaikan misi Chang’e 6 yang kompleks untuk mendarat di sisi jauh bulan, mengumpulkan sampel, dan mengirimkannya ke Bumi. Tetapi, misi Chang’e 4, yang berhasil melakukan pendaratan pertama kali di sisi jauh bulan pada Januari 2019 dan membantu membuka jalan bagi Chang’e 6, masih aktif.

Rover Chang’e 4, Yutu 2, atau Jade Rabbit 2, telah menyelesaikan 71 hari bulan aktivitas, menurut pembaruan langka tentang misi tersebut. Rover ini dirancang untuk beroperasi hanya selama tiga hari bulan, atau sekitar tiga bulan Bumi.

Cek Artikel:  7 Langkah Dampaktif Mengatur Google Maps Agar Enggak Masuk Gang Sempit

Baca juga : Bantu Hadapi Tiongkok, AS Hadiahi Jepang Tiket ke Bulan

Pembaruan yang dirilis untuk menandai hari bulan purnama pada bulan kedelapan, atau Festival Pertengahan Musim Gugur dalam budaya Tiongkok, mencakup gambar-gambar dari Yutu 2 yang menunjukkan Kawasan Von Karman di Cekungan Selatan-Aitken di sisi jauh bulan.

Gambar-gambar tersebut menunjukkan jejak roda di regolith bulan, berbagai kawah dengan ukuran yang bervariasi, dan bukit-bukit bulan yang jauh. Rover ini juga dilaporkan telah menempuh total jarak 5.292 kaki (1.613 meter) hingga saat ini.

Pembaruan tersebut menunjukkan Yutu 2 tampaknya mengalami perlambatan dalam aktivitasnya akhir-akhir ini. Rover ini telah menempuh 4.265 kaki (1.300 m) pada September 2022, atau sedikit lebih dari tiga setengah tahun di bulan. Dalam dua tahun berikutnya, rover ini menambah jarak sekitar 1.000 kaki (305 m).

Cek Artikel:  5 Daftar HP Harga di Rendah Rp 2 Jutaan yang Cocok untuk Gamers

Baca juga : Misi Pendaratan Bulan Swasta AS Gagal, NASA Tunda Kembalikan Astronot ke Bulan

Tak jelas seberapa besar faktor-faktor seperti kemungkinan penurunan perlahan rover akibat lingkungan suhu dan radiasi yang keras, meningkatnya tuntutan misi bulan lainnya, atau medan bulan yang lebih kompleks berperan dalam pengurangan aktivitas Yutu 2 dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu, Zuo Wei, wakil kepala perancang sistem aplikasi darat misi Chang’e 4, mengatakan kepada China Central Television (CCTV) bahwa pendarat Chang’e yang lebih tua, yang mendarat di sisi dekat bulan pada 2013, masih beroperasi.

“Teleskop optik berbasis bulan di atas pendarat Chang’e 3 masih beroperasi, melakukan siklus hidup-mati secara teratur setiap bulan, meskipun tidak lagi melakukan observasi ilmiah,” kata Zuo.

Cek Artikel:  Hadapi Persoalan Teknis, Apple Tunda Peluncuran Macbook Lipat

Tiongkok juga memiliki dua satelit pengorbit, Queqiao dan Queqiao 2, yang beroperasi di orbit bulan untuk mendukung misi sisi jauh bulan. Misi pendaratan bulan Tiongkok berikutnya, Chang’e 7, dijadwalkan untuk tahun 2026 dan akan menargetkan kutub selatan bulan. (Space/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai