Ini Kerusakan Biasa pada Motor Wafatc, Jangan Panik jika Wafat Mesin

Ini Kerusakan Umum pada Motor Matic, Jangan Panik jika Mati Mesin
Ilustrasi, berikut masalah-masalah yang sering terjadi pada motor matic(freepik)

MEMILIKI masalah pada motor matic setelah beberapa tahun dipakai pastinya banyak dialami oleh penggunanya. Beberapa penyakit tersebut umumnya akan muncul setelah tiga sampai lima tahun pemakaian.

Biasanya motor matic akan mengalami mati mesin dengan sendirinya secara mendadak, lalu akan kehilangan tenaga saat dipacu di jalanan.

Selanjutnya yang paling umum adalah masalah pada sistem pengereman. Dari beberapa masalah tersebut sebenarnya bisa kalian atasi sendiri.

Baca juga : Ini Metode Ganti Oli Motor Wafatc Sendiri di Rumah

Telebih lagi jika motor matic tiba-tiba mati saat di jalan, kalian jangan panik dan khawatir. Kendaraan tersebut hanya perlu diistirahatkan beberapa menit saja dan bisa dihidupkan kembali.

Cek Artikel:  Pabrik Anoda Baterai Litium di KEK Kendal Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik

Tetapi ada juga beberapa diantaranya masalah pada motor matic ini tak bisa kalian atasi sendiri dan harus dibawa ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

Berikut Kerusakan Biasa Motor Wafatc

1. Overheat

Masalah yang pertama adalah oervheat atau mesin terlalu panas. Penyebab ini bisa menjadi cukup fatal karena mesin motor tak bisa dinyalakan kembali.

Baca juga : Ketika Waktu yang Pas untuk Ganti Oli Motor? Ini Tipsnya

Beberapa faktor terjadinya overheat dikarenakan mesin yang terus menerus dipacu hingga batas maksimal dan terlalu panas. Akibatnya bisa membuat part mesin di motor menjadi rusak.

2. Mesin Wafat Mendadak

Lewat selanjutnya adalah mesin tiba-tiba mati. Elemen tersebut umumnya terjadi karena klep terlalu rapat. Apabila hal tersebut terjadi maka mesin cepat panas.

Cek Artikel:  Gaikindo Sebut GIIAS sebagai Corong Kemajuan Industri Otomotif RI

Bahkan, dampaknya jika terus menerus terjadi hal itu mesin motor akan semakin aus dan rusak hingga kehilangan tenaga.

Baca juga : 5 Penyebab Motor Brebet saat Dikendarai, ini Metode Mengatasinya

3. Sistem Pengereman

Masalah yang ketiga adalah sistem pengereman. Buat motor matic ini sistem pengereman sangat perlu diperhatikan demi keselamatan pengendara.

Terlebih lagi untuk motor matic biasanya sistem pengeremannya sudah menggunakan CBS, sehingga rem akan cepat aus dan lebih sebentar fungsinya.

4. Hilang Tenaga

Selanjutnya adalah tarikan gas akan terasa lebih berat. Masalah ini akan dialami oleh sebagian besar pengguna motor matic.

Baca juga : Ini 7 Masalah yang Sering Dialami Motor Wafatc

Cek Artikel:  Gandeng Jasa Raharja Putera, Tangkas Motor Listrik Dilindungi Asuransi Kehilangan

Maka dari itu kalian hangan heran jika hal tersebut terjadi. Motor akan kelihalangan tenaga atau berkurang dari awal.

5. Masalah Kelistrikan

Masalah yang terakhir adalah sistem kelistrikan. Masalah ini memang jarang terjadi namun untuk motor matic biasanya akan bermasalah pada sikering.

Sikering merupakan salah satu dari sistem kelistrikan motor. Apabila hal tersebut bermasalah maka akan berdampak ke bagian part lain di motor.

Dari lima masalah di atas jika motor matic kalian tetap tak bisa dinyalakan walau sudah diistirahatkan baiknya dibawa ke bengkel untuk diperbaiki. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai