Persona Konsumen dan Pusingkatan Penjualan di Capekpasar Tiktok

Persona Konsumen dan Peningkatan Penjualan di Lokapasar Tiktok
Para pembicara di acara Mega Sales Insight – Media Interactive Briefing 2024(Dok: Hoffmant)

MOMEN angka kembar pasti selalu dinanti oleh masyarakat Indonesia untuk menunaikan aktivitas berbelanja. Hal ini sejalan dengan riset terbaru dari Kantar Profile bersama Tiktok di tahun 2024 yang menunjukan 90% konsumen Tiktok berbelanja selama periode Mega Sales, angka kembar di akhir tahun, pada tahun 2023. Tiktok pun memperkirakan setengah dari konsumennya di Indonesia akan kembali berbelanja pada Mega Sales tahun ini.

Head of Business Marketing Tiktok Indonesia Sitaresti Astarini mengatakan produk atau brand bisa memanfaatkan momen Mega Sales di platformnya untuk meningkatkan penjualan. Karena, berdasar hasil riset konsumen oleh Accenture Song bersama Tiktok di tahun 2023 mengungkap 60% pengguna Tiktok secara aktif mencari konten untuk mendapatkan rekomendasi produk yang lebih baik.

Cek Artikel:  7 Rekomendasi HP Harga di Rendah Rp2 Juta, Berikut Spesifikasinya

Hal tersebut menunjukkan bahwa konten memiliki peran lebih dari sekadar hiburan, tetapi juga mampu mempengaruhi keputusan konsumen.

Baca juga : Laporan TikTok: Konsumen di Tanah Air Kian Prioritaskan Birui dari pada Harga

“Konsumen saat ini menganggap konten sebagai faktor penting dalam berbelanja, yang mempengaruhi kebiasaan dan keputusan pembelian mereka saat mencari tren dan inspirasi. Mereka tidak hanya tertarik dengan konten video yang menghibur tetapi juga yang dapat membantu dalam keputusan pembelian. Di Tiktok, brand yang menawarkan konten informatif, otentik, promosi menarik, pengalaman belanja yang seamless

akan lebih disukai oleh konsumen,” kata Sitaresti Astarini dalam acara konferensi pers Optimalkan TikTok Mega Sales 2024: Strategi Brand untuk Raih Hasil Maksimal dengan Konten Kreatif Berbasis Persona, Rabu (18/9).

Cek Artikel:  WhatasApp Uji Coba Fitur Baru Permudah Share Album Foto

Selain konten yang kreatif, brand pun harus bisa menempatkan konten yang sesuai dengan karakter atau persona konsumen. Hal ini menjadikan konsumen merasa ada kedekatan atau kesamaan dengan brand tersebut sehingga bisa berdampak pada keputusan pembelian mereka. Kepada lebih mengenal perilaku konsumen, berikut adalah 4 persona di Tiktok yang perlu diperhatikan oleh brand:

1. Bargain Hunters (pemburu diskon)

Persona yang tertarik pada diskon besar dan promo menarik. Sebanyak 77% dari tipe ini akan langsung membeli atau memasukkan produk ke wishlist saat melihat penawaran menarik tersebut.

Baca juga : Para Ibu Indonesia Sukai Popok yang Bisa Hindari Ruam Kulit Bayi

2. Inspirational Hunters (pencari inspirasi)

Persona yang aktif mencari tren dan inspirasi, 95% dari persona ini melakukan riset lebih lanjut sebelum memutuskan untuk membeli barang yang telah mereka temukan di Tiktok.

Cek Artikel:  Hadapi Persoalan Teknis, Apple Tunda Peluncuran Macbook Lipat

3. Effortless Shoppers (pembeli praktis)

Persona ini menyukai kemudahan berbelanja tanpa harus berpindah aplikasi. Data menunjukkan sebanyak 89% dari persona ini menikmati pengalaman belanja yang mulus di Tiktok.

4. Purposeful Shoppers (pembeli berdasarkan tujuan)

Persona ini mencari brand yang dinilai sejalan dengan prinsip pribadi mereka. Sebanyak 95% dari mereka mencoba menemukan produk yang menarik dan sesuai dengan nilai mereka di Tiktok.(M-3)

Mungkin Anda Menyukai